Advertisement

Pengin Nonton Parade Gamelan yang Keliling Desa di Kulonprogo, Catat Tanggal dan Rutenya

Catur Dwi Janati
Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Pengin Nonton Parade Gamelan yang Keliling Desa di Kulonprogo, Catat Tanggal dan Rutenya Truk yang akan dipakai mengarak gamelan berkeliling ke desa-desa dalam acara Parade Gamelan Nusantara mulai 26-27 Agustus 2022. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Dalam rangka memperingati satu dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan (UUK), Kulonprogo ikut memeriahkan momen tersebut lewat Parade Gamelan Nusantara. Puluhan seniman gamelan ikut serta dalam parade ini yang rencananya bakal mengarak gamelan ke sejumlah titik hingga pelosok desa di Kulonprogo. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Joko Mursito menerangkan bila Parade Gamelan Nusantara 2022 akan digelar pekan ini, tepatnya 26-27 Agustus 2022. Ide awalnya, dalam peringatan satu dasawarsa undang UUK, Joko ingin gaung Keistimewaan DIY sampai ke pelosok desa.

"Saya usul agar gamelan-gamelan yang oleh Dana Keistimewaan [Danais] sudah dihibahkan ke masyarakat itu pada saat yang bersamaan, ditentukan waktunya ditabuh bareng-bareng. Ini kan bagian bagaimana menggaungkan semangat Keistimewaan itu sampai ke pelosok-pelosok desa," ucap dia, Kamis (25/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Investor Taiwan Tertarik Investasi di Kulonprogo, Sektor Ini yang Diminati

Pasalnya, dia meyakini bila sudah ratusan pangkon gamelan yang dibantukan dari anggaran Danais kepada masyarakat. "Gamelannya sudah ada, yang menabuh saya kira juga sudah ada dan ini kan bukan lomba tidak ada standarnya," tambahnya.

Setelah disetujui untuk digelar, diciptakan lagu tentang Jogja Istimewa. Lantas diciptakanlah gending berjudul Cahyaning Kaistimewan. "Itu bercerita tentang bagaimana dengan UUK. Jogja akan lebih membahana daripada sebelum ditetapkan dengan adanya UUK," ujar dia.

 "Dalam rangka menggaungkan juga, jadi gending itu kami minta izin untuk agar gaungkan dalam bentuk Parade Gamelan atau Gamelan on The Road. Itu ide dasar akhirnya kegiatan Parade Gamelan Nusantara yang akan kami gelar," jelasnya.

Parade ini akan melibatkan setidaknya 50 seniman gamelan di Kulonprogo. Gamelan akan diusung di atas empat gerbong truk dan diarak ke sejumlah penjuru Kulonprogo.

Adapun rute Parade Gamelan Nusantara di hari pertama akan dimulai dari Taman Budaya Kulonprogo mengarah ke Alun-alun Wates. Di Alun-alun Wates, Parade Gamelan Nusantara secara simbolis dilepas Penjabat Bupati Kulonprogo.

Advertisement

Dari Alun-alun Wates, truk Parade Gamelan Nusantara akan menuju Pasar Wates. Di sana, truk akan berhenti dan menampilkan pertunjukan gamelan.

"Di Pasar Wates mereka akan perform, kemudian berlanjut ke Karangnongko, Nagung, Panjatan, Brosot. Di Brosot juga ada perform, kemudian balik ke Lendah. Di Lendah mereka perform lagi, terus lewat Polsek Lendah, di Tugu Pensil kembail perform, Milir, Kembang balik ke Taman Budaya Kulonprogo," papar dia. 

Sementara di hari kedua parade, arak-arak gamelan akan melintasi Watulunyu, Pasar, Gedung Kesenian, Josutan, Pasar Cikli, Pasar Jombokan, Kedundang, Demen, Toyan, Bendungan, Giripeni, Karangnongko, Polres, kembang, Dayakan kembali ke Taman Budaya Kulonprogo.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis, 29 September 2022

News
| Kamis, 29 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement