Advertisement

Embrio Kewirausahaan Ditanamkan dalam Gerakan Pramuka

Anisatul Umah
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Embrio Kewirausahaan Ditanamkan dalam Gerakan Pramuka Festival Pramuka X Gebyar Hari UKM, Sabtu (27/8/2022). - Harian Jogja/Anisatul UmahHarian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANMenanamkan sifat kemandirian dalam gerakan Pramuka salah satunya dilakukan melalui kewirausahaan. Dalam acara Festival Pramuka X Gebyar Hari UKM, Sabtu (27/8/2022), Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DIY Srie Nurkyatsiwi menargetkan Saka Wirausaha akan terbentuk tahun depan.

Memajukan UKM menurutnya tidak semata-mata tanggung jawab Dinas Koperasi dan UKM DIY, tetapi juga dari lintas kedinasan. Misalnya kolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, serta instansi lainnya.

Advertisement

Kolaborasi ini terwujud dalam Festival Pramuka X Gebyar Hari UKM yang digelar di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari, Sleman. Berbagai macam produk UKM DIY ditampilkan dalam gelaran ini.

"Kami mohon Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi menyematkan scout preneur yang akan jadi agen perubahan kita. Harapannya target 2023 akan terbentuk Saka Wirausaha," ucapnya dalam sambutan acara.

Menurutnya target ini dibuat untuk mendorong kewirausahaan terus berkembang. Pengembangan kewirausahaan sudah tertuang di dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022.

Tanpa adanya tindak lanjut, apa yang telah diregulasi oleh pemerintah tidak akan ada gunanya. "Dan kami dari pemerintah hadir sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena ada target speed-nya lebih cepat," jelasnya.

Sementara itu, Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi mengatakan stan pameran yang ada dalam Festival Pramuka X Gebyar Hari UKM luar biasa mewarnai Hari Pramuka pada Agustus 2022. Ke depan diharapkan dari anggota Pramuka mengisi lebih banyak lagi UKM-UKM yang ada di Jogja.

Ini menjadi kegiatan offline pertama setelah hampir tiga tahun pandemi. Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan gerakan Pramuka di DIY bisa terus berlangsung dengan baik, dan kami terus menunggu karya-karya dari adik-adik baik gugus depan dan kwartir daerah DIY," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement