Advertisement

BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Digital Berstandar Internasional

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 02 September 2022 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Digital Berstandar Internasional Asisten Deputi Bidang Quality Assuarance TI BPJS Kesehatan, Nuzuludin Hasan saat mengunjungi RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan menyediakan layanan berbasis sistem informasi digital BPJS Kesehatan Trust Mark. Layanan ini diklaim menggunakan standar international.

Asisten Deputi Bidang Quality Assuarance TI BPJS Kesehatan, Nuzuludin Hasan, mengatakan BPJS Kesehatan Trust Mark merupakan wujud keterbukaan informasi kepada publik dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan sistem informasi serta memperluas cakupan layanan bagi para pemangku kepentingan yang ingin menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

"BPJS Kesehatan Trust Mark memastikan para pemangku kepentingan dapat mematuhi persyaratan hukum, teknis dan keamanan sistem informasi," katanya seusai melakukan verifikasi kesesuaian self assesment, sistem pelayanan dan keamanan sistem,  mengunjungi RS PKU Muhammadiyah Gamping melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Kamis (1/9/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam kunjungannya ini, dia melihat dan memverifikasi secara langsung khususnya layanan teknologi informasi untuk memastikannya sudah terimplementasi dengan baik dan melihat kendala-kendala yang ditemukan di lapangan.

"Portal layanan BPJS Kesehatan Trust Mark berkomitmen memberi layanan terbaik kepada masyarakat melalui peningkatan mutu layanan dan kualitas layanan kepada peserta, salah satunya BPJS Kesehatan Trust Mark," katanya.

Dia menjelaskan program ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan membangun sistem informasi atau kualitas layanan teknologi dan informasi yang baik kepada peserta. "BPJS Kesehatan Trust Mark mengadopsi pendekatan sistem manajemen dengan kriteria operasional berbasis standar internasional," katanya.

Dia mengajak semua pihak untuk menjadikan BPJS Kesehatan Trust Mark sebagai sarana untuk mewujudkan kerja sama, sinergi dan kolaborasi di bidang teknologi dan informasi agar implementasinya menjadi lebih efektif dan terintegrasi.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping, Ahmad Faesol menilai sistem informasi tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi rumah sakit dan seluruh pasien khususnya bagi pasien JKN. Dia menilai, BPJS Kesehatan Trust Mark mampu memberikan kemudahan dalam akses layanan.

"Kami sejak dahulu mengoptimalkan dan memanfaatkan sarana teknologi dan informasi. Semoga, Program BPJS Kesehatan Trust Mark ini semakin matang dan kami lebih mantap memanfaatkan sarana digitalisasi," katanya. 

Advertisement

Dia juga berharap, BPJS Kesehatan dapat mengembangkan inovasi untuk peningkatan perbaikan sistem di fasilitas pelayanan kesehatan sehingga semakin menyempurnakan program pelayanan khususnya memfasilitasi pasien-pasien JKN. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 25 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement