Advertisement

Siap-Siap! Bansos BBM di Sleman Cair Dua Sampai Tiga Hari Lagi

Anisatul Umah
Selasa, 06 September 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siap-Siap! Bansos BBM di Sleman Cair Dua Sampai Tiga Hari Lagi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Bantuan Sosial (Bansos) kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan diterima dua sampai tiga hari ke depan. Executive Grand Manager Kantor Cabang Utama (EGM KCU) Kantor Pos Yogyakarta 55000, Fahdian Yunardi menyampaikan bantuan akan disalurkan secepatnya setelah pendataan rampung.

"Kemungkinan dua atau tiga hari ke depan," ucapnya kepada Harian Jogja, Selasa (6/9/2022).

Masyarakat yang boleh mengambil bantuan yakni masyarakat yang namanya tertera di dalam Daftar Nominatif (Danom) dan Surat Panggilan (SP). Kemudian masyarakat yang namanya tertera dalam satu Kartu Keluarga (KK) dengan penerima, dengan membawa KTP asli, KK asli, serta SP.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Bagi penerima difabel, jompo, uzur, dan sakit akan diantar. Penerima yang sudah menjadi ASN/TNI/Polri, meninggal dunia KK tunggal tidak dibayarkan," jelasnya.

Terkait jumlah data penerima Bansos BBM menurutnya saat ini masih dalam proses pencetakan Danom dan SP. Penyaluran akan segera dilakukan setelah proses data selesai. "Ini sedang proses," lanjutnya.

Baca juga: Bye BBM Murah! Harga Revvo 89 di SPBU Vivo Kini Saingi Pertalite

Sub Koordinator Pemberdayaan Sosial Dinsos Sleman, Feri Istanto mengatakan untuk di Sleman mekanisme penyaluran yang utama adalah melalui pelayanan komunitas. Penerima diundang ke balai kalurahan atau pendopo kapanewon, lalu dari PT Pos membuka loket layanan.

"Biasanya hampir 90% terlayani dengan cara ini," tuturnya.

Apabila ada penerima yang belum datang, biasanya akan dilayani di Kantor Pos Kecamatan (KPC), selang beberapa hari setelah layanan komunitas selesai.

Advertisement

"Jika ada penerima yang disabilitas, bedridden, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) maka akan ada Layanan Kunjung Nasabah (LKN) dari PT Pos. Jadi urutan mekanisme penyaluran, komunitas, di Kantor Pos, dan LKN," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan berdasarkan informasi dari PT Pos terjadi penundaan penyaluran. Hal ini dikarenakan ada informasi susulan yang menyebut penyaluran Bansos BBM akan disalurkan bersamaan dengan Program Sembako bulan September.

Bagi yang Meninggal Dunia

Advertisement

Bagi yang sudah meninggal dunia, data dari Kementerian Sosial (Kemensos) sudah dipadankan dengan data dari Dukcapil, sehingga kemungkinan besar sudah dihapus selama data kematian sudah dilaporkan ke Dukcapil.

"Data final penerima total di Sleman belum kami terima," paparnya.

Sebagaimana diketahui, Bansos BBM akan disalurkan dua tahap pada September dan Desember masing-masing senilai Rp300.000.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis, 29 September 2022

News
| Kamis, 29 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement