Advertisement

Pemilu 2024, Proyeksi Pemilih Pemula di Bantul Capai 21.174 Orang

Ujang Hasanudin
Kamis, 08 September 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemilu 2024, Proyeksi Pemilih Pemula di Bantul Capai 21.174 Orang Komisioner KPU Bantul saat melakukan sosialisasi tahapan pemilu 2024 kepada pemilih pemula di Hotel Grand Rohan Banguntapan, Bantul, Rabu (7/9/2022). - dok.KPU Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul menyebut pemilih pemula untuk pemilu 2024 mendatang bisa mencapai 21.174 orang. Data tersebut berdasarkan hasil penghitungan data siswa-siswi atau pelajar yang terekam dengan tanggal kelahiran pada 14 Februari 2007 lalu. Sehingga 2024 mendatang usianya 17 tahun dan memiliki hak untuk ikut dalam pemilu.

“Namun data yang sudah masuk berdasakan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di kami per Juni 2022 tercatat sebanyak 10.104 pemilih yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Sementara jika proyeksi sampai 2024 ada 21.174 pemilih pemula,” kata Komisioner KPU Bantul Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Musnif Istiqomah, saat dihubungi Kamis (8/9/2022).

Musnif mengatakan data pemilih pemula itu baru proyeksi dan bisa berkurang atau bisa juga bertambah. Karena itu pihaknya terus melakukan pembaharuan data pemilih bersama Pemkab Bantul melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Saat ini pihaknya fokus sosialisasi tahapan pemiu 2024 kepada 10.104 pemilih yang tersebar di sejumlah sekolah menengah ata dan sederajat yang digelar pada Rabu lalu.

Menurutnya, pemilih pemula tersebut sebagian besar adalah pelajar SMA/SMK/MA. Karena itu sasaran sosialisasi tahapan pemilu 2024 adalah para siswa sekolah menengah atas termasuk di dalamnya ketua Osis. Para ketua Osis tersebut merupakan hasil dari kegiatan pemilihan ketua Osis (Pemilos) serentak 2021 lalu.

Musnif menganggap sosialisasi tahapan pemilu ini penting karena para ketua Osis ini akan menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2024 yang akan datang agar mereka tidak lagi gamang dalam menghadapi pemilu.

Dinamika pemilih pemula yang sering dihadapi, kata Musnif, adalah minimnya informasi tentang waktu-waktu penting dalam Pemilu. Dalam acara sosialisasi ini para pemilih pemula diperkenalkan dengan 11  tahapan Pemilu sesuai yang diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022 mulai dari tahapan perencanaan program dan anggaran sampai dengan pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dan kota.

Pemilih pemula juga diharapkan aktif memastikan tercatat sebagai pemilih melalui aplikasi lindungi hakmu, “Sebagai pemilih pemula juga diharapkan berpartisipasi aktif dalam tahapan-tahapan lainnya misalnya ikut mensosialisasikan hari dan tanggal pemilu mulai dari lingkungan terdekat masing-masing,” kata Musnif.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menegaskan bahwa para ketua Osis yang sudah menjadi pemilih pemula akan aktif dalam Komunitas Pelajar Peduli Demokrasi (Komppak) yang dibentuk oleh KPU Bantul. Komppak telah dibentuk sejak tahun 2019 dan isinya merupakan para Ketua Osis hasil Pemilos di Bantul.

“Melalui komunitas inilah nantinya para pemilih pemula ini akan menjadi agen-agen demokrasi disekolahnya masing-masing,” kata Didik.

Selain di sekolah para pemilih pemula ini juga dapat menjadi agen-agen demokrasi di lingkungan tempat tinggalnya. Mereka dapat aktif mulai dari sebagai pemilih sampai dengan menjadi penyelenggara pemilu terutama Kelompok Penyelenggra Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

Advertisement

“Melalui pengalamannya sebagai ketua Osis hasil Pemilos maka kemampuan sebagai pemilih maupun penyelenggara pemilu akan tidak begitu sulit bagi para pemilih pemula,” tandas Didik. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement