Advertisement

Agar BLT BBM di Jogja Tepat Sasaran, Masyarakat Perlu Ikut Mengawasi

Triyo Handoko
Sabtu, 10 September 2022 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Agar BLT BBM di Jogja Tepat Sasaran, Masyarakat Perlu Ikut Mengawasi Seorang penerima BLT BBM di Kantor Pos Jogja menunjukan uang bantuannya, Sabtu (10/9/2022). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Pemantau Independen (Forpi) Jogja mengajak masyarakat luas mengawasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan sosial (bansos) BBM agar tetap sasaran. Tanpa peran pengawasan masyarakat, menurut Forpi Jogja, penyaluran BLT BBM tak akan optimal.

Forpi Jogja turut memantau langsung pencairan BLT BBM di Kantor Pos Jogja, Sabtu (10/9/2022). Dalam pantauan tersebut, Forpi Jogja memberikan tiga catatan penyelenggaraan pencairan pertama BLT BBM tersebut.

Advertisement

Pertama, jaga jarak sulit dilakukan. Kedua, orang tua masih mengajak anak mereja untuk ikut antre BLT BBM. Ketiga, pengambilan tidak sesuai dengan jadwal sehingga sempat terjadi penumpukan meskipun segera diatasi oleh petugas setempat.

Pengurus Forpi Jogja Baharudin Kamba berharap ada perbaikan pencairan BLT BBM. “Selain itu, harapannya penyaluran BLT BBM betul-betul sampai kepada masyarakat yang membutuhkan dan layak menerimanya atau tepat sasaran, tidak dipersulit dalam pencairannya, tidak ada pemotongan serta tidak menimbulkan kerumunan massa,” ujarnya, Sabtu siang.

Forpi Jogja, kata Kamba, mengapresiasi langkah Kantor Pos Jogja yang memakai sistem jemput bola bagi lansia maupun penyandang disabilitas dengan datang ke rumah. “Langkah tersebut layak diapresiasi,” ujarnya.

Pengawasan BLT BBM, lanjut Kamba, menjadi hal penting agar alokasi bantuan yang diberikan tepat sasaran. “Hal ini pula untuk mengantisipasi adanya permasalahan di lapangan saat penyaluran,” katanya.

Penyaluran BLT BBM di Jogja berlangsung pada Sabtu hingga Kamis (10-15/09/2022) mendatang.  Lalu, ada di beberapa tempat telah disalurkan dengan sistem door to door.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,0 di Bandung Robohkan Sejumlah Bangunan, Ini Fotonya

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement