Advertisement

Ratusan Pekerja Malioboro Mall & Hotel Ibis Di-PHK, Serikat Minta Hak Pekerja Dipenuhi

Triyo Handoko
Selasa, 13 September 2022 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Pekerja Malioboro Mall & Hotel Ibis Di-PHK, Serikat Minta Hak Pekerja Dipenuhi Malioboro Mall yang berada di Jalan Malioboro, Jogja, Senin (12/9/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan pekerja Hotel Ibis dan Malioboro Mall mendapat pemberhentian hak kerja (PHK) buntut dari perubahan manajemen pengelola dua usaha tersebut setelah pengambilalihan oleh Pemda DIY. Serikat Merdeka Sejahtera (Semesta) membuka poko pendampingan pekerja yang ingin menuntut hak mereka.

Ketua Umum Semesta Faisal Makruf menyebut perubahan manajemen pengelola Hotel Ibis dan Malioboro Mall tidak bisa dijadikan dalih untuk melakukan PHK. “Yang berganti kan pengelolaan manajemennya, jadi tidak seharusnya pekerjanya mendapat PHK karena itu,” kata dia, Selasa (12/9/2022).

Advertisement

Semesta sedia memberikan dampingan terhadap pekerja untuk menuntut hak-haknya. “Kami akan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan ratusan buruh itu, apakah litigasi dengan mengajukan gugatan pengadilan atau mediasi, atau dengan non-litigasi dengan melakukan unjuk rasa baik online maupun offline,” ujarnya.

Posko aduan dan pendampingan dibuat Semesta karena ada permintaan untuk mendampingi pekerja Hotel Ibis dan Malioboro Mall. “Ada yang menghubungi kami untuk ikut bantuin mereka, kami juga koordinasi dengan Serikat Pekerja Hotel Ibis,” katanya.

BACA JUGA: Hentikan Kontrak, Pemda DIY Ambil Alih Aset Malioboro Mall & Hotel Ibis

Faisal berharap hak-hak pekerja kedua tempat tersebut dapat dibayarkan. “Misalnya kompensasi dan pesangon yang sudah ada aturannya, itu harus ditaati dan tidak dipotong-potong,” jelasnya.

Sebelumnya, Malioboro Mall diserahkan pengelolaanya ke Pemda DIY dan PT Anindya Mitra Internasional (AMI). Keduanya secara penuh memiliki hak dan kewenangan pengelolaan Malioboro Mall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement