Advertisement

Hotel Ibis dan Mal Malioboro Ditarik Pemda DIY, PHRI Minta Karyawan Dipecat Agar Dipekerjakan Kembali

Abdul Hamied Razak
Selasa, 13 September 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Hotel Ibis dan Mal Malioboro Ditarik Pemda DIY, PHRI Minta Karyawan Dipecat Agar Dipekerjakan Kembali Suasana eks Hotel Ibis Malioboro dan Mal Malioboro pasca berakhirnya kontrak kerja sama antara Pemda DIY dan manajeman dari PT Yogya Indah Sejahtera (YIS), Selasa (13/9/2022) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY berharap managemen baru eks Hotel Ibis Malioboro bisa menampung eks karyawan hotel yang di PHK. Hal itu bertujuan untuk menjaga kondusifitas suasana di Jogja.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan hingga kini belum mendapat informasi resmi dari pihak manajemen, terkait alih aset hotel Ibis Malioboro ke Pemda DIY. Ia belum dapat berkomentar banyak terkait masalah tersebut. Hanya saja ia meminta agar ada solusi yang bijak bagi karyawan eks hotel tersebut.

"Kami harapkan ada solusi yang bijak untuk karyawan yang bekerja di Ibis Malioboro yang sudah lama, manajemen baru bisa menampung mereka. Agar situasi kondusif dan dunia perhotelan terjaga," kata Deddy usai pembukaan Jogja International Travel Mart (JITM) di Hotel Royal Ambarrukmo Jogja, Selasa (13/9/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dijelaskan Dedy, ada sekitar 384 karyawan di hotel tersebut. Dia berharap agar managemen baru hotel bisa membuka kembali rekruetmen karyawan dan memprioritaskan eks karyawan hotel tersebut. "Saya kira Jogja itu Istimewa. Guyub sesarengan ada di sana. Itu harapan saya," ujarnya.

Untuk diketahui, eks karyawan Hotel Ibis Malioboro dan Malioboro Mall menyayangkan PHK yang dilakukan managemen hotel setelah pengambil alihan aset oleh Pemda DIY. "Kami prihatin dengan PHK ini karena dilakukan tiba-tiba. Kami down karena banyak yang di PHK merupakan tulang punggung keluarga," Perwakilan Serikat Pekerja Mandiri Ibis Malioboro Sutopan Basuki.

Ia dan karyawan yang terkena PHK lainnya juga belum mendapat kepastian untuk bisa bekerja kembali dari manajemen baru. Dia berharap agar eks karyawan hotel bisa kembali bekerja. "Kalau informasinya ada seleksi lagi. Daftar lagi. Jadi tidak secara otomatis dialihkan," kata Topan. 

BACA JUGA: Sejumlah Warga Jogja Adukan Persoalan Bansos BBM Bermasalah ke Forpi

Saat Harianjogja.com mendatangi eks hotel Ibis Malioboro Selasa (13/9/2022), nyaris tidak ada aktivitas berarti di hotel tersebut. Beberapa petugas keamanan (satpam) masih terlihat berjaga. Papan nama hotel sudah ditutup kain baik yang berada di gedung utama maupun pintu luar hotel.

Kondisi berbeda saat memasuki kawasan Mall Malioboro. Aktivitas ekonomi di pusat perbelanjaan tersebut berjalan seperti biasa. Tenant dan boot penjualan masih beroperasi seperti biasa. Hanya saja jumlah pengunjung di mal tersebut masih sangat sedikit. 

Advertisement

Pemilik Farah Button, Sutardi mengatakan ia masih menunggu kelanjutan dari proses peralihan tersebut. "Dari pihak tenant lama dan baru belum ada keputusan pasti, karena baru diinfo kemarin sore ke semua tenant. Kami masih menunggu kepastian dari pihak manajemen," katanya.

Ia menjelaskan, untuk manajemen lama sudah berjanji mengembalikan uang sewa yang tersisa, sementara administrasi per hari Selasa (13/9/2022) sudah beralih ke manajemen baru. Namun ia enggan menjelaskan sisa biaya sewa yang akan dikembalikan. "Kami masih menunggu kepastian," katanya.

Adapun managemen lama dari PT YIS (Yogya Indah Sejahtera) masih enggan untuk menanggapi proses peralihan tersebut. "Mohon maaf dari manajemen tidak (mau) mengeluarkan statement. Terima kasih," jawab salah satu staff humas PT YIS Rena Ranindita. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement