Advertisement

Sukses dengan Jelajah Pansela, Harian Jogja Bersiap Gelar Jelajah Kuliner DIY dan Kedu

Nina Atmasari
Rabu, 14 September 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Sukses dengan Jelajah Pansela, Harian Jogja Bersiap Gelar Jelajah Kuliner DIY dan Kedu Jelajah Kuliner Merawat Masakan Warisan Leluhur. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setelah sukses dengan program Jelajah Pansela bertajuk Membangun Ekonomi Pantai Selatan Jawa, Harian Jogja kini tengah bersiap menggelar Jelajah Kuliner bertajuk Merawat Masakan Warisan Leluhur. Dalam kegiatan ini, Harian Jogja didukung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Alfamart .

Senior Manager Content Strategist Harian Jogja, Laila Rochmatin mengungkapkan kuliner menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan pariwisata.

Advertisement

"Tak jarang, orang datang ke objek wisata karena di sekitar objek tersebut ada makanan yang ingin dinikmati. Bahkan, banyak orang yang mau datang ke suatu tempat karena ingin mencicipi kuliner atau berwisata kuliner. Kuliner bisa menjadi motor yang efektif dalam mempromosikan pariwisata," katanya, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA: Pemkot Jogja Ajukan Pembatalan 4 Izin Hotel, Buntut Korupsi Perizinan Haryadi Suyuti

Di Jogja dan Jawa Tengah, katanya, banyak makanan khas yang sudah banyak dikenal wisatawan. Misalnya, gudeg dan bakpia. Kuliner khas di Jawa Tengah tak kalah maknyus. Ada beragam kuliner legendaris yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata kuliner.

Di Magelang ada kupat tahu, sop senerek, mangut beong, sego godog, Nasi lesah, jemunak, dan bubur blendrang. Di Purworejo, ada dawet ireng dan Sego Penek. Di Temanggung ada empis-empis dan di Kebumen ada sate ambal.

"Sayangnya, kuliner-kuliner leluhur ini harus bersaing dengan makanan kekinian seperti boba, steak, dan makanan yang diadopsi dari berbagai negara misal ramen," katanya.

Atas dasar itu, Harian Jogja menggelar Jelajah Wisata Kuliner Legendaris di wilayag DIY-Kedu (Jawa Tengah). Program ini bertujuan mengangkat potensi wisata kuliner yang ada di Jogja dan Kedu sehingga bisa diketahui khalayak luas. Dan akhirnya menjadikan aneka jenis makanan legendaris tersebut bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Dalam program ini, tim akan menelusuri sejumlah produk kuliner legendaris di wilayah DIY meliputi Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo, serta eks karesidenan Kedu meliputi Magelang, Purworejo, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung. Tim jelajah akan dilepas dan mulai melakukan ekspedisi pada, Kamis (15/9/2022).

Rencananya, program ini digelar pada September-Oktober 2022. Hasil jelajah akan ditayangkan di koran Harian Jogja, media online www.harianjogja.com, serta media sosial Harian Jogja yaitu Youtube, facebook, Instagram dan Tiktok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tolak Biaya Haji Naik, Buruh Bakal Demo Besar pada 6 Februari

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement