Advertisement

Dibuka dengan Penyatuan Air 12 Titik, Ini Rangkaian Acara FKY di Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Rabu, 14 September 2022 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Dibuka dengan Penyatuan Air 12 Titik, Ini Rangkaian Acara FKY di Kulonprogo Suasana temu media FKY 2022 - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) akan digelar di Kulonprogo selama empat hari, mulai 16-19 September 2022. Kegiatan yang digelar di Taman Budaya Kulonprogo (TBK) tersebut bakal dibuka dengan acara penyatuan air dari 12 kapanewon. 

"Di situ kami akan meminta air itu representatif dari masing-masing wilayah mangga. Artinya mereka yang tahu sehingga nilai tempat yang mereka ambil air itu mereka yang lebih jeli," kata Kepala Bidang Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kulonprogo, Wruhantoro, Rabu (14/9/2022). 

Advertisement

Saat acara pembukaan tersebut, air-air dari sumber mata air di wilayah tadi akan dikumpulkan dalam sebuah tempayan. Para pembawa air akan mengenakan pakaian adat gagrak Ngayogyakarta. Momen ini menjadi bentuk satu kesatuan dan pengelolaan air serta tanah di Kulonprogo. 

"Dalam pembukaan itu, nantinya dari masing-masing kapanewon akan membawa air dari wilayahnya masing-masing kemudian ada prosesi di situ ada seperti tempayan yang melambangkan tanah digabung dengan air, ada prosesi menuangkan satu per satu di atas panggung," ucap Wruhantoro.

"Banyak filosofinya, persatuan jelas. Terus kemudian pemeliharaan air dan tanah itu yang utama. Ini juga jadi semangat kami dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan. Itu tiga hal utama filosofinya," ujarnya.

BACA JUGA: Kulonprogo Butuh 36 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Tertarik?

Kepala Kundha Kabudayan Kulonprogo, Niken Probo Laras menjelaskan selama dibuka sejak 16 September, warga Kulonprogo dapat menikmati berbagai agenda kebudayaan yang dibutuhkan di TBK.

Pameran seni rupa FKY akan digelar di TBK selama kurang lebih empat hari yang menyajikan forum seni rupa, stan Dekranasda Kulonprogo, kerajinan tangan serta alam Kulonprogo, stan gelar potensi rintisan kalurahan budaya hingga Tosan Aji Runcing Wangi Kemiri.

Selain pameran yang akan dibuka selama empat hari, warga Kulonprogo dapat menikmati suguhan pertunjukan kesenian dan kebudayaan setiap harinya.

Ada Tiga pentas seni digelar setiap harinya. Di hari pertama pembukaan 16 September 2022, warga dapat menikmati proses Menyatukan Rasa dari sumber mata air se-Kapanewon Kulonprogo, pentas seni permainan anak dari Sentolo, Fragmen Tari Musik Etnik Semesta dari Pengasih dan Wayang Suket Dalah Mongso dari Wates. 

Pada Sabtu (17/9/2022), FKY di Kulonprogo akan menampilkan gelaran fragmen Tari Neo Srengat dari Temon, Tari Garapan Sesirih dari Kalibawang dan Ketoprak Garapan Perdikan Kalang dari Lendah.

Di hari berikutnya, Minggu (18/9/2022), akan digelar pertunjukan Teater Modern Garapan Sajak Rungsang dari Samigaluh, Tari Garapan Nirmala dari Galur dan Fragmen Tari Abisatya dari Panjatan.

Sementara di hari penutupan, Senin (19/9/2022) warga akan disuguhi pertunjukan Fragmen Tari Musik Jalanan Swawi dari Kokap, Tari Garapan Banyu Mili dari Nanggulan dan Teater Tradisi Warih dari Girimulyo.

"Selain warga bisa datang secara offline langsing ke TBK, warga juga bisa menyajikan sajian ini secara daring live streaming," ucap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement