Advertisement

Di India, Sebuah Masjid Muncul Secara Utuh Setelah 30 Tahun Tenggelam

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 September 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di India, Sebuah Masjid Muncul Secara Utuh Setelah 30 Tahun Tenggelam Masjid Noori - Unesco world herritage

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Cuaca ekstrem terjadi di hampir seluruh wilayah di dunia, dengan bencana banjir di Pakistan dan gelombang panas dan kekeringan yang memecahkan rekor di Barat. 

Di India, kekeringan juga melanda hingga bisa mengeringkan sebuah waduk, yang akhirnya memunculkan sebuah masjid dalam kondisi utuh yang telah terendam air selama lebih dari 30 tahun.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Penduduk setempat di negara bagian distrik Nawada Bihar melaporkan bahwa masjid, yang terendam di waduk selama lebih dari 30 tahun, telah terlihat kembali secara utuh, karena kekeringan tersebut.

Masjid itu ditemukan terbuka di tengah sisa-sisa bendungan Phulwaria yang berlumpur. Foto menunjukkan bagaimana struktur kecil itu naik sekitar 30 kaki di atas tanah ke puncak kubahnya, dengan tiga pintu masuk gapura di bawahnya.

Baca juga: Beda dengan Lainnya, Mahasiswa di Bantul Demo Tolak Kenaikan BBM di Pantai

Kantor berita Kashmir dan India Kashmir Media Service (KMS) melaporkan bahwa penduduk setempat menyebut masjid itu sebagai Masjid Noori. Masjid itu dilaporkan tenggelam setelah Bendungan Phulwaria dibangun pada tahun 1985.

Sejak itu, bendungan telah digunakan untuk pertanian dan untuk memasok air ke desa-desa. Namun, pembangunannya menyebabkan evakuasi masyarakat sekitar karena perkiraan kenaikan permukaan air. Penduduk setempat pindah ke tempat lain, tetapi masjid itu dibiarkan berdiri, akhirnya dibanjiri air.

Pada tahun-tahun berikutnya, kadang-kadang mungkin untuk melihat ujung masjid dari jauh, tetapi ketinggian air telah turun cukup jauh tahun ini untuk mengungkapkan bangunan lebih lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Otorita IKN Enggan Komentari Gaji Rp172 Juta per Bulan

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement