Advertisement

Bank BPD DIY Bersama DPMKP2KB Gunungkidul Maksimalkan Peran BUMKal

Media Digital
Rabu, 21 September 2022 - 23:27 WIB
Sirojul Khafid
Bank BPD DIY Bersama DPMKP2KB Gunungkidul Maksimalkan Peran BUMKal Suasana pelatihan pengelola BUMkal di Balai Kalurahan Candirejo, Gunungkidul. Kegiatan berlangsung 20-21 September 2022. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pengelola Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) se-Kapanewon Semin, Gunungkidul mengikuti pelatihan untuk memaksimal perannya memperoleh Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Kabupaten Gunungkidul ini berlangsung di Balai Kalurahan Candirejo, Gunungkidul. Kegiatan berlangsung 20-21 September 2022.

Advertisement

Membuka pelatihan, Kepala Dinas DPMKP2KB Gunungkidul, Sujarwo, mengatakan apabila materi pelatihan terkait strategi pengembangan BUMKal dalam meraih PADes; manajemen pengelolaan BUMKal; penggalian dan pengembangan potensi ekonomi lokal; serta peran BUMKal dalam pengembangan UMKM, pengelolaan wisata dan kemudahan investasi.

Selain itu, Bank BPD DIY Cabang Wonosari juga hadir untuk mengajak BUMKal sebagai Bank BPD DIY Agen. Bank BPD DIY Agen bermanfaat menghadirkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya yang sederhana dan mudah dipahami. Tidak hanya itu, peran Bank BPD DIY juga mendekatkan kepada masyarakat yang belum terjangkau layanan keuangan.

BACA JUGA: Sejarah Gunungkidul, Awalnya 3 Distrik Kini Menjadi 18 Kapanewon

Dengan fasilitas ini, harapannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan antar wilayah. Selain itu, dengan menjadi agen, BUMKal dapat memperoleh pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Adapun fasilitas yang dapat dilayani oleh Bank BPD DIY Agen berupa pembayaran PBB, PDAM, Tiket Kereta Api, Pajak Daerah, BPJS, dan Telepon. Untuk fasilitas lain yang juga dapat dilakukan yaitu pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, serta transfer.

Salah satu BUMKal di Kalurahan Candirejo yang telah menjadi Bank BPD DIY Agen yaitu BUMKal Nawachitra. “Kemudahan akses pembayaran PBB melalui Bank BPD DIY Agen cukup membantu masyarakat sekitar dalam melakukan pembayaran PBB,” kata Ketua BUMKal Nawachitra, Dinar Kameswara, dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Rabu (21/9/2022).

Dengan didukung oleh Pemerintah Kalurahan Candirejo, pembayaran PBB di 5 Padukuhan dilakukan melalui BUMKal Nawachitra. Selain membantu melayani masyarakat, sebagai Bank BPD DIY Agen, BUMKal Nawachitra juga mendapatkan pendapatan.

BACA JUGA: Pengunjung Keluhkan Akses ke Pantai Widodaren, Masih Berbatu dan Kadang Licin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement