Advertisement

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Media Digital
Minggu, 25 September 2022 - 21:07 WIB
Sunartono
Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang Plt Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Setda DIY Aris Eko Nugroho menyiram tanaman trembesi dalam penutupan FKY 2022 di Panggung FKY Taman Kuliner, Depok, Sleman, Minggu (25/9/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

JOGJA — Festival Kebudayaan Yogykarta (FKY) resmi ditutup pada Minggu (25/9/2022) di Venue Panggung Taman Kuliner, Condongcatur, Depok, Sleman. Jumlah pengunjung selama gelaran FKY 2022 mencapai 39.000 orang. 

Ketua FKY 2022, Doni Maulistya menjelaskan jumlah pengunjung FKY 2022 hingga akhir pelaksanaan sekitar 39.000 orang yang luring atau datang ke sejumlah lokasi pelaksanaan. Adapun secara daring tercatat 13.000 pengunjung. Pelaksanaan ini tersebar 69 lokasi di seluruh DIY dengan beragam potensi budaya yang ditonjolkan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Hari ini [Minggu] merupakan hari terakhir pelaksanaan FKY 2022, selama pelaksanaan, kami menggunakan pendekatan hybrid atau daring dan luring yang tersebar di berbagai lokasi di DIY,” katanya di sela-sela penutupan, Minggu petang. 

BACA JUGA: Jelajah Kuliner: Leker Pak Min, Dari Imajinasi Sampai Terealisasi 

Dia mengatakan kegiatan itu telah melibat sebanyak 1.749 pelaku atau pegiat budaya seluruh DIY dengan 193 festival digelar selama pelaksanaan. Sinergi antara FKY dan kabupaten/kota juga melibatkan 98 perupa dan 56 penampilan kesenian yang empat di antaranya dari luar DIY. 

Pelaksanaan FKY 2022 bukan sekadar menampilkan kesenian atau produk budaya. Tetapi juga mendokumentasikan secara mendalam berbagai fenomena budaya yang berkembang di tengah masyarakat.

Dokumentasi ini masih tersimpan secara daring dan sewaktu-waktu dapat dibuka dan dipelajari oleh masyarakat sebagai tambahan wawasan kebudayaan. “Kami juga mencatat berbagai isu terkait kebudayaan serta menampung aspirasi dari masyarakat,” ucapnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan FKY 2022 merupakan yang kali pertama digelar setelah pandemi Covid-19.

Advertisement

Secara umum pelaksanaan berjalan baik dan membahagiakan masyarakat. Banyak masyarakat yang memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan FKY pada tahun ini.

Konsep luring dan daring sebagai bagian pencatatan fenomena kebudayaan ke depan diharapkan dapat dipertahankan. Sehingga masyarakat dapat membuka kembali catatan tersebut. 

“Bahwa pola kegiatan yang menyebar di berbagai lokasi di DIY pada FKY 2022 ini menjadi bagian penting untuk mendekatkan kesenian, kebudayaan ke masyarakat. Selain itu mengaktifkan masyarakat untuk mengapresiasi kebudayaan sendiri,” ucapnya. 

Advertisement

Plt Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat‎ Setda DIY Aris Eko Nugroho yang hadir dalam penutupan FKY 2022 berharap agar aktivitas budaya seperti FKY ke depannya tidak sekadar memberikan dampak kegembiraan atau hiburan bagi masyarakat. Akan tetapi memiliki nilai atau dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Sesuai dengan arahan Bapak Gubernur DIY, bahwa kegiatan budaya diharapkan juga memberikan dampak ekonomi,” katanya. 

Jumlah kunjungan dan dampak positif pelaksanaan FKY dari tahun ke tahun harus terus ditingkatkan kualitasnya serta memperluas dimensi budaya dan pelaku seni yang terlibat. Pasalnya, FKY bisa menjadi ajang pengembangan seni budaya yang kreatif dan inovatif. “Diharapkan bisa mendokumentasikan, merayakan keberdayaan masyarakat dalam mengapresiasi kebudayaan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY ini.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement