Advertisement

JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

David Kurniawan
Senin, 26 September 2022 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Gunungkidul, Selasa (31/3/2020). - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan Gunungkidul mengkaji rute baru angkutan umum ke sejumlah wilayah di Jawa Timur menyusul perkembangan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela)

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan terus berupaya memberikan kemudahan transportasi untuk masyarakat. Setelah berhasil mengoperasikan bus sekolah, dinas berusaha membuka rute baru jalur transportasi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Rute yang dipersiapkan adalah jalur yang menghubungkan wilayah Jawa Timur dengan Gunungkidul. Saat ini trayek angkutan umum dari Gunungkidul ke Jawa Timur baru sampai Pacitan.

“Kami berencana membuka rute baru, tidak hanya Pacitan, tapi bisa sampai Malang maupun Surabaya,” kata Rakhmadian kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Dia menjelaskan ada beberapa pertimbangan yang membuat wacana rute baru dimunculkan. Pertimbangan utama tidak lepas adanya akses yang semakin bagus dengan adanya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang hampir terhubung secara menyeluruh.

Selain itu, aktivitas kendaraan menuju Jawa Timur semakin banyak. Sementara, saat ini penduduk Gunungkiduk yang akan ke berbagai kota di Jawa Timur naik angkutan umum harus memutar via Kota Jogja.

“Beberapa pertimbangan ini membuat kami yakin jalur baru ini bisa dibuka. Jadi, kalau bisa diwujudkan, masyarakat tak perlu repot-repot ke Jojga dahulu untuk menuju Jawa Timur,” katanya.

Meski demikian, Rakhmadian mengakui proses tidak serta merta bisa dilakukan karena harus berkoordinasi dengan instansi di wilayah lain dan butuh komunikasi dengan perusahaan otobus.

Advertisement

BACA JUGA: Festival Lampion dan JAS Dongkrak Kunjungan Wisatawan

“Mudah-mudahan jalur baru ini bisa segera dibuka,” katanya.

Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Gunungkidul Bayu Susilo Aji mendukung penuh wacana pembukaan rute baru. Pasalnya, selama ini angkutan antarkota antarprovinsi masih fokus ke tujuan arah barat seperti Jakarta dan Bandung.

Advertisement

“Ke timur baru sampai Pacitan. Memang untuk mewujudkannya butuh kesediaan dari pengusaha angkutan serta mendapatkan izin dari kementerian,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement