Advertisement

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA

Ujang Hasanudin
Selasa, 27 September 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Peringati Hari Pariwisata Dunia, Bantul Gelar Pertunjukan Seni di YIA Aksi reog dari siswa SLB Bantul di YIA, Selasa (27/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menggelar pertunjukan seni di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Selasa (27/9/2022). Selain untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh setiap pada 27 September pertunjukan seni tersebut sekaligus untuk mempromosikan wisata Bantul.

Pertunjukan seni yang dihadirkan dari pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kasihan dengan suguhan Tari Magma dan Tari Menak. Selain itu ada pula tampilan reog anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Bantul.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan pertunjukan seni yang sudah dilakukan ketiga kalinya di YIA tersebut mendapat apresiasi dari Manajer Manager PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Pelaku Pemerkosaan Anak Difabel di Bantul Resmi Ditahan

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan kerja sama untuk menguatkan sinergi dalam pengembangan pariwisata antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan PT Angkasa Pura  I.

“Kerja sama yang dibangun antara Pemerintah Kabupaten Bantul dan Bandara YIA, sudah berjalan sejak 2020. Dengan hadirnya Pariwisata Bantul di YIA, diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bantul,” kata Kwintarto, Selasa (26/9/2022).

Kwintarto mengatakan Pemkab Bantul akan terus berbenah dalam bidang pariwisata termasuk dengan branding baru Bantul Bumi Mataram. Sebagai upaya mendorong capaian tersebut diakui Kwintarto, butuh kolaborasi yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bantul dengan berbagai sektor yang potensial.

Lebih lanjut Kwintarto mengatakan berdasarkan informasi dari Angkasa Pura dalam beberapa waktu ke depan akan ada banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung transit di YIA, sehingga hal tersebut menjadi kesempatan terutama Bantul untuk menawarkan berbagai paket wisata untuk wisatawan mancanegara.

Karena itu pihaknya menunjukan atraksi seni dari Bantul sekaligus mempromosikan wisata Bantul pada wisatawan. “Diharapkan ke depan Bantul bukan tempat mampir wisata mancanegara tapi salah satu tujuan wisata mancanegara,” ujar Kwintarto.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan ada tiga sektor yang dikerjasamakan dengan Angkasa Pura I, yakni tentang Informasi; Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM); dan Dinas Pariwsiata.

Pihaknya akan mengupayakan untuk menggodog kembali formula kerjasama yang dibangun bersama dengan Angkasa Pura. “Formula kerja sama yang semakin sempurna akan melahirkan kegiatan yang produktif dan menguntungkan kedua pihak terutama pelaku usaha ekonomi kreatif sehingga pelaku pariwisata dan craft di Bantul ini dapat dikembangkan,” ucap Halim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement