Advertisement

Ini Poin Pembahasan Saat Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Sunartono
Senin, 26 September 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Poin Pembahasan Saat Sosialisasi Tol Jogja-YIA Pengerjaan konstruksi jalan tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan dan Tempel, Senin (19/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah sedang mempersiapkan rencana sosialisasi pembangunan jalan tol Jogja-YIA. Sosialisasi ini sebagai tahapan untuk penerbitan Izin Penetapan Lokasi (IPL) oleh Gubernur DIY. 

Tim Persiapan akan memulai tahapan penting yaitu sosialisasi berhadapan langsung dengan masyarakat. Secara detail tim yang terdiri atas Pemda DIY dan perwakilan Pemerintah Pusat akan menjelaskan terkait desain dan titik mana saja yang akan terdampak pembangunan tol Jogja-YIA. Saat ini sedang dalam menyusun jadwal sosialisasi. 

Advertisement

“Untuk [penjadwalan] sosialisasi lebih baik [bertanya] ke Pemda DIY,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-YIA katanya, Senin (26/9/2022). 

Adapun panjang tol ini sekitar 38,57 kilometer dengan perkiraan luas lahan yang dibutuhkan sebanyak 503 hektare atau 5.033.696 meter persegi dengan exit toll berjumlah empat titik yaitu Exit Gamping, Exit Sentolo, Exit Wates dan Exit menuju YIA. Belum dapat dipastikan kapan akan dimulainya pembebasan lahan, karena saat ini masih dalam tahap persiapan sosialisasi. 

“Target kami tergantung dari Pemda DIY nantinya,” ujarnya. 

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menyatakan saat ini sedang dipersiapkan sosialisasi. Akan tetapi sebelum sosialisasi akan lebih dahulu menemui kepala daerah di tiga kabupaten terdampak pembangunan tol. Ia memperkirakan sosialisasi pembangunan tol Jogja-YIA kepada warga terdampak akan dimulai pada pertengahan Oktober 2022 mendatang. 

BACA JUGA: ORI: Akal-akalan Penjualan Seragam, Sekolah di DIY Untung Rp10 Miliar

“Sosialisasi ke warga perkiraan dilakukan perhitungan kami di pertengahan Oktober 2022, sehingga sudah selesai konsultasi publiknya harapan kami di Bulan Desember ancer-ancer proses IPL bisa melihat perkembangan,” ucapnya. 

Terkait penerbitan IPL Jogja-YIA, menurut perkiraan setelah Desember 2022 mendatang, karena harus menunggu sosialisasi dna konsultasi publik memastikan bahwa warga terdampak setuju. Meski demikian, jika semua berjalan lancar bisa jadi penerbitan IPL lebih maju dari perkiraan tersebut. “Maju juga bisa tergantung perkembangan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement