Advertisement

AHY Tuntut Investigasi Menyeluruh Atas Tragedi Kanjuruhan

Ujang Hasanudin
Rabu, 05 Oktober 2022 - 07:57 WIB
Sirojul Khafid
AHY Tuntut Investigasi Menyeluruh Atas Tragedi Kanjuruhan AHY saat doorstop di Taman Perwacy, Banguntapan, Bantul, Selasa (4/10/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta ada investigasi menyeluruh atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Sebagaimana diketahui, dalam tragedi sepak bola tersebut menyebabkan lebih dari seratus orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Partai Demokrat saya menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas tragedi kemanusiaan jatuhnya ratusan korban jiwa, baik meninggal ataupun luka-luka di Kanjuruhan,” kata AHY, seusai melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat se-DIY di Taman Perwacy, Banguntapan, Bantul, Selasa (4/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

AHY mengatakan tragedi di Kanjuruhan sangat memilukan. Seharunya, kata dia, kegiatan olahraga sepak bola merupakan ajang olah raga dan hiburan yang menggembirakan bagi keluarga, sahabat, tua maupun muda dan tidak melihat latar belakang apapun. 

BACA JUGA: Mengaku Komentari Tragedi Kanjuruhan Secara Tak Patut, Admin Medsos Polsek Srandakan Ditahan

“Tapi apa yang terjadi gas air mata bukan hanya menghadirkan air mata, tapi duka nestapa yang sangat memilukan. Satu nyawa saja sangat banyak apalagi ratusan nyawa kita kehilangan apalagi keluarga korban yang ditinggalkan,” ujarnya.

Putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menilai tragedi Kanjuruhan merupakan tragedi terburuk kedua sepanjang sejarah persepakbolaan di dunia. Karena itu, ia menuntut diadakannya investigasi secara total dan tuntas.

Menurutnya, dalam targedi Kanjuruhan harus ada yang bertanggung jawab, “Saya tidak ingin kejadian seperti ini saling tunjuk satu sama lain. Karena sebenarnya ada yang harus bertanggung jawab baik panitia penyelenggara ataupun aparat yang mengamankan lokasi acara,” katanya.

BACA JUGA: Kera Ekor Panjang Serang Lahan Pertanian di Bantul

Advertisement

Lebih lanjut, AHY mengatakan jika nanti dari hasil investigasi ditemukan ada kesalahan-kesalahan prosedur dalam penanganan situasi di lapangan yang mengakibatkan korban jiwa, maka hukum harus ditegakkan secara adil tanpa pandang bulu agar kejadian serupa tidak terulang di masa-masa yang akan datang

“Kejadian ini sekali lagi sangat memilukan dan mohon maaf memalukan di masa modern ini ada penanganan tidak tepat dan justru merugikan dan mengakibatkan korban jiwa,” tandas AHY.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement