Advertisement

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemkot Jogja Resmikan Mall Pelayanan Publik

Media Digital
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemkot Jogja Resmikan Mall Pelayanan Publik Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi memberikan sambutan saat peresmian MPP Jogja, Kamis (6/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Balai Kota, Kamis (6/10/2022). Kehadiran MPP yang sudah diresmikan tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan Pemkot Jogja.

Sebelumnya, MPP Jogja sudah difungsikan sejak pertengahan 2021 lalu. Dalam peresmian yang turut dihadiri seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah dan perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), berbagai layanan yang tersedia di MPP Jogja diperkenalkan.

Advertisement

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi menjelaskan MPP Jogja menyediakan ratusan layanan publik yang bisa diakses masyarakat. “Layanan yang kami hadirkan di MPP Jogja terintegrasi, mudah, aman, nyaman, dan terjangkau,” katanya, Kamis (6/10/2022).

Kehadiran MPP Jogja, lanjut Sumadi, adalah wujud reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang lebih tertata dan berorientasi pada masyarakat. “Sudah saatnya seperti yang diinstruksikan Presiden Jokowi bahwa birokrasi bukan tumpukan kertas tapi kebijakan yang berdampak nyata dan membantu publik,” kata dia.

Sumadi menjelaskan MPP Jogja bukan hanya menyediakan pelayanan dari Pemkot Jogja. “Pelayanan publik di MPP Jogja berasal dari berbagai lembaga, BUMD, BUMN, sampai swasta. Kami bersama-sama memajukan layanan publik yang lebih baik,” kata dia.

Kemudahan layanan publik, lanjut Sumadi, untuk membantu, memudahkan, dan berdampak positif bagi publik. “MPP Jogja ini juga ramah terhadap segala bentuk lapisan masyarakat, karena dilengkapi fasilitas laktasi, difabel, hingga tempat bermain anak dan perpustakaan,” ujarnya.

MPP Jogja tak hanya untuk layanan offline, tetapi juga terintegrasi secara online. “Ada juga fasilitas layanan mandiri yang dapat memfasilitasi self-service, juga ada alat cetak mandiri yang dapat dimanfaatkan untuk mencetak dokumen-dokumen secara mandiri, ada juga layanan drive thru yang dapat dimanfaatkan masyarakat tanpa perlu turun kendaraan” jelasnya.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas dalam video sambutannya mengapresiasi kehadiran MPP Jogja. “MPP Jogja jadi mall pelayanan publik ke-70 di Indonesia, kehadirannya akan sangat membantu layanan publik bagi masyarakat Jogja,” katanya.

MPP Jogja bukan hanya etalase, jelas Azwar, tapi pusat pelayanan publik yang terintegrasi. “Sehingga kehadiran MPP ini jadi legacy, saya turut bangga atas kehadirannya, saya juga menyesal karena tidak dapat menghadiri secara langsung karena agenda lain. Tapi nanti pasti akan saya tinjau,” jelasnya.

Azwar juga mengucapkan selamat atas peresmian tersebut. Ia berharap pelayanan publik di Jogja makin lincah dan memudahkan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement