Advertisement

Prestasi  Dosen dan Mahasiswa UWM Jogja Meningkat Tajam

Media Digital
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Prestasi  Dosen dan Mahasiswa UWM Jogja Meningkat Tajam Universitas Widya Mataram (UWM) - Ist

Advertisement

Prestasi akademik dan non-akademik di lingkungan dosen maupun mahasiswa Universitas Widya Mataram (UWM) terus meningkat. Peningkatan ini sebagai bagian penting dalam proses mencapai  kampus yang unggul dalam budaya.

Dalam pidato Dies Natalis ke-40 UWM di Kampus Terpadu Jalan Tata Bumi  Selatan, Banyuraden, Gamping Sleman, Jumat (7/10/2022), Rektor UWM Prof. Dr.  Edy Suandi Hamid, M.Ec menyatakan, peningkatan akademik bisa ditandai dengan penerbitan buku dari para dosen.

Advertisement

Apabila pada periode 2020/2021 terbit sebanyak 12 buku, maka pada periode berikutnya jumlah buku yang terbit naik dau kali lipat. “Sebanyak 26 buku diterbitkan pada tahun akademik 2021/2022 atau meningkat 116,7%.”

Peningkatan juga terjadi dalam publikasi jurnal internasional dan hak intelektual (Haki). Publikasi internasional naik dari 3 publikasi menjadi 12 publikasi atau naik 300%.

“Dalam bidang HAKI juga mengalami kenaikan sebesar 425% dari 4 HAKI menjadi 21 HAKI,” kata Prof Edy Suandi Hamid.

Dari segi kualifikasi dosen , saat ini ada 18 dosen berkualifikasi doktor atau 20,68 % dari keseluruhan dosen yang ada. Angka ini sudah di atas rata-rata doktor di PT Indonesia yang baru 15, 58%.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UWM menambah perbendaharaan pelayanan dengan membuka pasca sarjana hukum atau program magister hukum. “Magister hukum menjadi program perdana untuk meluluskan sarjana strata dua.”

Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Humas, Kerjasama dan Kebudayaan, menurut rektor, capaian prestasi mahasiswa dalam bidang olah raga taekwodo. Atlet taekwondo Do Basusena meraih 1 Medali Emas, 3 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu dalam kejuaraan daerah antarmahasiswa, Trio Bagus Wara dari Mapawima meraih JQR River Resque.

“Bidang kerjasama mencatat kegiatan kerjasama antarperguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi internasional, antara lain kerjasama UWM dan Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat (AS).”

Adapun jumlah alumni atau lulusan UWM yang terus menjalin komunikasi dengan almamater tercatat sebanyak 9.479 yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Berkaitan dengan hari jadi ke-40, Prof Edy Suandi Hamid menyatakan, UWM memasuki usia yang cukup dewasa bagi Perguruan Tinggi di Indonesia, namun masih relatif muda jika dibandingkan dengan Perguruan-Perguruan Tinggi di dunia.

“Dies Natalis ke-40 kami pandang sebagai momentum mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyelenggaraan UWM secara konsisten dapat memberikan kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Kamis Legi

UWM didirikan pada Kamis Legi,7 Oktober 1982 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan KPH Mangkubumi (Sri Sultan Hamengku Buwono X).

Sebagai kampus berbasis budaya, UWM memiliki keunggulan yang dapat menjadi pembeda dengan universitas lain di Daerah Istimewa Yogyakarta maupun universitas di Indonesia.

Sebagai kampus yang berbasis budaya, menurutnya, UWM mengemban amanah luhur yaitu membentuk jati diri bangsa bernilai budaya yaitu Bermoral, Beretika dan Bermartabat. Nilai budaya tetap dibutuhkan di tengah berjalannya waktu, karena terjadi perubahan waktu menyebabkan adanya perubahan pada perilaku manusia dan jika tidak dikuatkan dengan budaya maka akan semakin berbahaya.

“Perubahan tersebut tidak hanya disebabkan oleh adanya perubahan waktu namun juga disebabkan oleh adanya perubahan teknologi, yang bisa berdampak terhadap perubahan perilaku manusia, perubahan industri, termasuk industri pendidikan,”kata Prof Edy Suandi Hamid. (**)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement