Advertisement

Audit Stadion Maguwoharjo Tunggu Instruksi, Saat Ini Diklaim Sudah Penuhi Syarat

Anisatul Umah
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 09:27 WIB
Sirojul Khafid
Audit Stadion Maguwoharjo Tunggu Instruksi, Saat Ini Diklaim Sudah Penuhi Syarat Kondisi Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (6/10/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pasca tragedi di Stadion Kanjuruhan, Presiden Joko Widodo memerintahkan audit ke semua stadion di Indonesia. Menanggapi perintah ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Sleman, Taupiq Wahyudi, mengatakan untuk audit Stadion Maguwoharjo masih akan menunggu instruksi dari pimpinan.

Nantinya dari PU akan mengecek kondisi di stadion, apakah sesuai dengan standar. Misalnya terkait kapasitas, pintu masuk yang harusnya membuka keluar sehingga saat terjadi kondisi darurat bisa didobrak. "Ini [audit] jelas menunggu instruksi dari pimpinan. Masalah pintu harus terbuka keluar pas kondisi darurat bisa didobrak, ini salah satu contoh," ucapnya kepada Harian Jogja, Kamis (6/10/2022).

Advertisement

Kemudian mengenai berapa ukuran setiap pintu yang ideal akan dipelajari. Jika sudah ada instruksi menurutnya akan diperdalam lagi terkait standar ini, sehingga ada keseragaman nasional. "Tapi kalau Maguwoharjo saya kira memenuhi syarat. Belum [rencana audit] tunggu perintah pimpinan, kan baru kemarin instruksi dari Pak Presiden, jadi daerah-daerah yang punya lapangan jadi icon liga mesti kan jadi catatan," jelasnya.

BACA JUGA: Proyek Talut di Brayut Diprotes, Lurah: Lahan Warga Dijamin Tetap Utuh

Terkait tempat duduk di Stadion Maguwoharjo, menurutnya dari sisi keselamatan sudah baik, tidak banyak atribut. Tidak ada tempat duduk kursi kecuali VIP, jadi tidak akan ada pencopotan kursi. "Di depan harus ada pagar agar penonton tidak masuk lapangan, ini perlu dijaga safety-nya di Maguwo sudah ada. Kami menunggu pimpinan [untuk audit] sambil belajar juga standar kami tinjau kembali," paparnya.

Kasubbag Tata Usaha UPTD Pengelolaan Stadion Maguwoharjo, Suroto, mengatakan pembangunan Stadion Maguwoharjo ini sudah dipikirkan sedemikian rupa. Ada empat titik tower di Stadion sebagai keluar dan masuk penonton.

"Keluar masuk penonton, mengadopsi Stadion yang ada di Italia Stadion San Siro kalau bisa dibilang ya ini Mini San Siro," paparnya.

BACA JUGA: Futsal Mahasiswa Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta Berujung Tawuran, Ini Penjelasan Kampus

Stadion Maguwoharjo menurutnya bisa menampung 32.000 orang dengan asumsi single sit. Single sit artinya ketika penonton masuk dia sudah tahu akan duduk di mana.

"Jumlah penonton benar-benar dikontrol sesuai kapasitas maksimal single sit, tapi ketika bicara single sit kalau dipaksakan bisa 40.000 penonton. Kapasitas 32.000 itu asumsi tribun utara dan selatan 6.000 barat dan timur 10.000 jadi 32.000. Kalau tanpa single sit 34.000 - 36.000 itu wajar," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement