Advertisement

Warga Klegung Gunungkidul Berharap Jalan Rusak Bertahun-tahun Bisa Diperbaiki

David Kurniawan
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Warga Klegung Gunungkidul Berharap Jalan Rusak Bertahun-tahun Bisa Diperbaiki

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Dusun Klegung, Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul, berharap jalan rusak di wilayah mereka diperbaiki. Jalan tersebut sudah rusak sejak lama dan tidak pernah diperbaiki.

Kepala Dusun Klegung Arif Prasetyo mengatakan jalan sepanjang hampir 900 meter semuanya rusak. Dia mengaku sudah berulang kali mengusulkan perbaikan, tetapi hingga sekarang belum terealisasi. “Infonya ada perbaikan sepanjang 200 meter tahun ini, twtapi ternyata tidak jadi,” kata Arif kepada wartawan, Jumat (14/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Arif berharap upaya perbaikan bisa direalisasikan. Terlebih lagi, jalan di dusun lain seperti Jeruklegi dan Blembem sudah diperbaiki. Permintaan perbaikan juga sudah dibahas di tingkat kalurahan. Hasilnya, ada informasi bahwa perbaikan diwujudkan di tahun depan.

“Mudah-mudahan bisa direalisasikan,” katanya.

Padukuhan Klegung memiliki 160 kepala keluarga (KK) dengan total 450 jiwa. Dari jumlah KK itu puluhan warga tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH). “Memang sudah ada perbaikan RTLH, tapi belum menyasar seluruh warga,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan panjang jalan kabupaten mencapai 1136,66 kilometer. Ia mengatakan masih banyak ruas jalan yang rusak.

BACA JUGA: Mahasiswa HI UGM yang Diduga Menjadi Pelaku Kekerasan Seksual Dinonaktifkan Sementara

Meski demikian, proses perbaikan tidak serta merta dilakukan secara langsung karena anggaran yang dimiliki pemkab masih terbatas. Selain itu, pandemi Covid-19 juga ikut memberikan dampak karena banyak anggaran yang digunakan untuk upaya pencegahan dan pengendalian penularan.

Advertisement

“Kalau anggaran besar pasti semua diperbaiki. Tapi, kan terbatas, maka dilakukan secara bertahap,” kata Irawan.

Disinggung mengenai keluhan dari warga di Dusun Klegung, Kedungpoh, Nglipar, Irawan mengakui akan berupaya memperbaiki kerusakan. Menurut dia, program sudah masuk prioritas dimiliki DPUPRKP Gunungkidul. “Sudah direncanakan. Memang tahun ini baru menyasar di Dusun Jeruklegi dan Blembem dan rencananya akan dilanjutkan,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Oyo Hotels akan PHK 600 Karyawannya

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement