Advertisement

Saluran Irigasi yang Terkena Tol Jogja YIA Akan Dibikin Terowongan

Sunartono
Selasa, 18 Oktober 2022 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Saluran Irigasi yang Terkena Tol Jogja YIA Akan Dibikin Terowongan Ilustrasi jalan tol - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terowongan akan dibangun untuk irigasi yang dilewati Tol Jogja YIA. 

PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengembang memastikan tidak akan mengubah fungsi setiap saluran irigasi yang dilewatu trase atau jalur Tol Jogja-YIA. Terowongan saluran air akan dibangun. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Corporate Communication PT JMM Ahmad Izzi mengatakan dalam penetapan trase tol, ada sejumlah aspek yang harus diperhatikan agar jalan tol tidak membahayakan keselamatan penggunanya. Selain aspek teknis tersebut ada sejumlah hal lain yang harus diperhatikan dan dipatuhi. Jalan tol tidak boleh manabrak cagar budaya, sumber mata air, dan tidak menyimpang dari tata ruang. “Ketiga hal itu harus dipatuhi,” ujarnya.

Pelaksana pembangunan  telah memiliki sejumlah perencanaan teknis ketika jalan tol harus melewati titik tertentu seperti jalan yang sudah ada.  Jalan yang sudah ada akan tetap berfungsi dengan dibuat terowongan atau jalan layang. 

“Hal ini juga sudah banyak diterapkan di seluruh jalan tol yang ada di Indonesia, termasuk juga di jalan tol Jogja Solo ini,” katanya.

BACA JUGA : Dibangun Tahun Depan, Ini Spesifikasi Tol Jogja Bandara YIA

Ketika trase tol melewati saluran, pelaksana proyek akan melakukan rekayasa teknik, salah satunya dengan membuat terowongan saluran air. Dia memastikan masyarakat, terutama petani, tidak perlu khawatir ketika saluran irigasi dilintasi Tol Jogja YIA karena saluran tersebut tetap berfungsi dengan terowongan yang lebih baik.

“Di Tol Jogja Solo Seksi 1 ruas Solo - Klaten, kami membuat box culvert terowongan untuk saluran air. Irigasi tersebut masih tetap berfungsi dengan baik walaupun dilintasi jalan tol,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement