Advertisement

Dibangun Tahun Depan, Ini Spesifikasi Tol Jogja Bandara YIA

Catur Dwi Janati
Senin, 17 Oktober 2022 - 20:02 WIB
Budi Cahyana
Dibangun Tahun Depan, Ini Spesifikasi Tol Jogja Bandara YIA Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Spesifikasi Tol Jogja YIA yang akan mulai dibangun pada akhir 2023 diungkapkan dalam sosialisasi proyek tol di Aula Adikarto, Kompleks Pemkab Kulonprogo, Senin (17/10/2022).

Tol Jogja YIA didesain untuk kecepatan kendaraan 100 kilometer per jam. Lajur tol pada ruas tol ini memiliki lebar 3,6 meter, lebar bahu luar 3 meter, lebar bahu dalam 1,5 meter dan lebar median 5,5 meter. Jalan tol dibangun dengan rigid pavement atau beton dan bukan aspal.

Advertisement

Tol Jogja YIA akan membentang sepanjang 38,57 kilometer dari Gamping sampai Bandara Yogyakarta International Airport atau YIA.

Ada empat pintu keluar Tol Jogja YIA, yakni di Gamping, Sentolo, Wates, dan YIA. Tol Jogja YIA juga akan dilengkapi dua rest area bertipe A dan satu rest area bertipe B.

Di Kulonprogo, salah satu rest area akan berada di Kalipenten, Kaliagung, Sentolo. Amin mengatakan rest area ini spesial karena tidak hanya bisa diakses pengguna tol tetapi juga pengendara di luar tol.

“Kendaraan dari luar tol disediakan pintu masuk. Rest area akan diberi pembatas supaya mobil yang dari luar tol enggak masuk tol,” tuturnya.

BACA JUGA: Fix! Ini Jadwal Pembebasan Lahan dan Pembangunan Tol Jogja YIA

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan luas tanah dibutuhkan dalam proyek tol ini mencapai kurang lebih 5.033.696 meter persegi dengan  jumlah bidang yang dibutuhkan mencapai sekitar 6.173 bidang di Sleman, Bantul, dan Kulonprogo.

Separuh dari bidang tanah proyek pembangunan tol ada di Kulonprogo, yakni 3.335 bidang tanah dengan luas 3.443.166 meter persegi. Di Kulonprogo, Tol Jogja YIA akan melewati enam kecamatan dan 18 desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Lebat dan Banjir Tewaskan 76 Orang di Kenya

News
| Minggu, 28 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement