Advertisement

Ribuan Pengendara di Bantul Terkena Tilang Elektronik

CRA22
Selasa, 18 Oktober 2022 - 15:47 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Pengendara di Bantul Terkena Tilang Elektronik Kamera CCTV Electonic Traffic Law Enforcement (ETLE) dipasang di ruas jalan Wates Purworejo, Temon, Kulonprogo, Rabu (24/03/2021). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ribuan pengendara di Bantul terkena tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), baik ETLE Statis maupun Mobile. 

Seperti diketahui tilang elektronik atau ETLE Statis adalah alat tilang elektronik yang ditempatkan secara permanen seperti di traffict light perempatan jalan. Sedangkan ETLE Mobile bisa ditempatkan berpindah-pindah seperti di mobil patroli polisi dan lainnya. 

Advertisement

Kasatlantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan mengatakan secara rinci sebanyak 3.991 pengendara terkena ETLE Statis dan 63 pengendara lainnya terkena ETLE Mobile, dalam Operasi Zebra yang dilakukan sejak Senin, (3/10/2022) hingga Sabtu, (15/10/2022).

Adapun total pelanggaran selama Operasi Zebra Progo 2022 di Bantul tercatat sebanyak 10.884 pelanggaran, termasuk tilang elektronik maupun bukan. “Sebanyak 6.830 pelanggar hanya diberi teguran dan itu sebagai bentuk peringatan kalau kembali melanggar maka bisa disanksi secara tegas,” kata Fikri, Selasa (18/10/2022).

BACA JUGA: Konflik LDII dan Warga Balong Belum Berujung Damai, Ini Penjelasan Wabup Sleman

Dikatakannya pula terdapat 1.265 pengendara yang tidak memakai helm. “Untuk yang lainnya ada yang kaca spion tidak lengkap, pemakaian knalpot blombongan. Ada juga kondisi motor tidak sesuai pabrikan dan lain sebagainya,” katanya.

Sedangkan kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama Operasi Zebra terjadi sebanyak 89 kali, dengan korban luka ringan 101 orang, luka berat dua orang. “Untuk kerugian materiil sebesar Rp23.576.000,” terangnya.

Dengan operasi rutin yang dilakukan petugas, Fikri berharap kesadaran warga untuk tertib berlalu lintas meningkat. "Tujuannya memang untuk menekan angka kecelakaan. Kami berharap kepada masyarakat selalu tertib dan bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” tegasnya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan sosialisasi keselamatan berlalulintas terus dilakukan petugas. Selain menggelar operasi secara rutin, Polres Bantul juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya mematuhi berbagai peraturan berlalulintas untuk keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement