Advertisement

Ingin Perlakukan Embung Giwangan seperti Taman Pintar, Begini Upaya Dispar DIY

Media Digital
Minggu, 23 Oktober 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Ingin Perlakukan Embung Giwangan seperti Taman Pintar, Begini Upaya Dispar DIY Suasana acara Jogja American Jeep di Embung Giwangan yang menampilkan Fashion Show Jeep agar menarik minat masyarakat luas, Minggu (23/10/2022) - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pariwisata (Dispar) DIY menggenjot promosi Embung Giwangan untuk makin dikenal luas sebagai destinasi wisata baru di Jogja.

Terbaru, bersama Jogja American Jeep (JAJ), Embung Giwangan dijadikan tempat merayakan HUT ke-25 komunitas tersebut, Minggu (23/10/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dengan semakin dipromosikannya Embung Giwangan, Dispar DIY berharap dapat menambah destinasi wisata di Jogja. Dengan begitu, akan semakin banyak pula wisatawan dan kegiatan wisata di Embung Giwangan.

Promosi Embung Giwangan oleh Dispar DIY juga turut mendorong pemerataan pembangunan wisata di kawasan Jogja selatan. Pada dasarnya, pembangunan Embung Giwangan diarahkan untuk taman wisata budaya yang akan dilengkapi dengan panggung terbuka untuk gelaran kegiatan kepariwisataan. 

BACA JUGA: Progres Proyek Pedestrian Senopati Diklaim Sudah 50%, Cuaca Jadi Kendala

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar DIY, Kurniawan menjelaskan pihaknya turut mendorong promosi Embung Giwangan. “Kami sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi yang ada, terbaru dengan JAJ supaya masyarakat luas makin mengenal Embung Giwangan,” jelasnya, Minggu malam.

Kurniawan menyebut Embung Giwangan akan jadi pelengkap destinasi wisata di Jogja. “Jadi kalau wisatawan butuh tempat terbuka atau embung di Jogja sudah ada tak perlu sampai keluar Jogja,” katanya.

Embung Giwangan akan dikelola seperti Taman Pintar Jogja. “Jadi ini semacam Taman Pintar-nya Jogja bagian selatan yang fokusnya nanti ke kegiatan-kegiatan pertunjukan seni dan budaya,” ujarnya.

Advertisement

Kini Embung Giwangan sedang dibangun fasilitas penunjang destinasi wisata. “Ditargetkan pada 2024 nanti sudah siap digunakan dan fasilitasnya lengkap, sekarang digenjot promosi pengenalannya,” jelasnya.

Ketua Jogja American Jeep (JAJ) Basyori Buyung mengapresiasi dukungan Dinpar DIY terhadap izin penggunaan Embung Giwangan sebagai tempatnya berkegiatan. 

“Kami sangat berterima kasih mendapat izin menggunakan tempat ini dan siap turut memperkenalkannya ke masyarakat luas,” katanya, Minggu siang.

Advertisement

Basyori menjelaskan kegiatan di Embung Giwangan ini dimaksudkan untuk masyarakat luas oleh komunitasnya. “Sebagai kegiatan perayaan ulang tahun komunitas kami, sasarannya memang masyarakat luas dan kami konsep kegiatan bakti sosial,” ujarnya, Minggu siang.

Bakti sosial tersebut, kata Basyori, dilakukan dalam berbagai bentuk acara, mulai dari donor darah, pentas budaya, pemeriksaan kesehatan, hingga bazar usaha kecil menengah (UKM).

“Terkait dengan bazar UKM, sengaja kami minta warga sekitar yang punya usaha untuk berjualan di acara kami secara gratis supaya penghasilannya meningkat,” jelasnya. 

Anggota JAJ, lanjut Basyori, saat ini sejumlah 667 orang. “Semuanya berpartisipasi dalam kegiatan ini, jadi cukup mengundang masa juga untuk hadir ke Embung Giwangan ini, ada juga peserta dari Jakarta, Bandung, Semarang yang turut kami undang,” katanya.

Advertisement

Dalam pentas budaya, jelas Basyori, menampilkan atraksi jatilan empat jam non-stop. “Ada juga hiburan panggung pop-dangdut yang dapat disaksikan masyarakat luas, jadi kami juga berharap masyarakat turut mengunjungi Embung Giwangan ini,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement