Advertisement

Pasar Prawirotaman Akan Jadi Pasar Rakyat Pertama Ber-SNI di Kota Jogja

Media Digital
Senin, 24 Oktober 2022 - 19:02 WIB
Budi Cahyana
Pasar Prawirotaman Akan Jadi Pasar Rakyat Pertama Ber-SNI di Kota Jogja Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo dan Sub Koordinator Substansi Sarana dan Prasarana Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Dwi Nanto membuka Sosialisasi Pasar Prawirotaman ber-SNI, Senin (24/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perdagangan Kota Jogja menyusun rencana agar setiap pasar rakyat menerapkan standar nasional Indonesia (SNI). Sebagai langkah awal, tahun ini Dinas Perdagangan Kota Jogja akan mengajukan SNI untuk Pasar Prawirotaman.

Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo mengatakan rencana pengajuan SNI Pasar Prawirotaman merupakan langkah awal pengajuan SNI bagi pasar rakyat di Kota Jogja. SNI diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada seluruh pengunjung pasar.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Kami berupaya agar bisa melestarikan pasar rakyat dengan digitalisasi pasar rakyat. Ini menjadi pergeseran proses transaksi belanja. Pasar rakyat harus berbenah dan berubah dengan digitalisasi,” kata Gunawan dalam sosialisasi Pasar Prawirotaman ber-SNI di lantai keempat Pasar Prawirotaman, Jogja, Senin (24/10/2022).

Gunawan tetap berharap kearifan lokal Pasar Prawirotaman sebagai pasar rakyat terus terjaga.

“Digitalisasi butuh proses. Pasar Prawirotaman, dengan infrastruktur bantuan Pemerintah Pusat yang sedemikian baik, harus diselaraskan dan disinergikan dengan kearifan lokal. Pedagang yang masih berjualan dengan cara tradisional kami tingkatkan melalui digitalisasi agar dapat lebih baik lagi, tanpa mengurangi modal sosial pasar rakyat itu sendiri,” ujar dia.

Sub Koordinator Substansi Sarana dan Prasarana Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja, Dwi Nanto, mengatakan Pasar Prawirotaman sudah menjadi pasar sehat. Sebagian besar proses operasionalnya sudah sesuai dengan SNI.

Namun menurutnya masih ada beberapa yang perlu disesuaikan. “Sudah banyak yang sesuai SNI, tetapi masih ada beberapa yang kami sesuaikan. Terkait dengan yang lain, kami lakukan pemeriksaan terkait dengan kualitas air, dan hasilnya sudah baik,” kata dia.

Saat ini Pasar Prawirotaman sebagai pasar tipe 2 memiliki 502 perdagangan. Standar operasional prosedur yang akan diajukan untuk mengantongi SNI ada 24 jenis.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement