Advertisement

UAD Gelar Kelas Orang Tua tentang Cara Penanaman Karakter Anak

Media Digital
Selasa, 25 Oktober 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UAD Gelar Kelas Orang Tua tentang Cara Penanaman Karakter Anak Kelas Orang Tua, dengan pemateri Caraka Putra Bhakti, M.Pd. bersama lurah Semaki, Arini S.IP. dan Ketua RW VII Ir. Wawan Edi. - Ist

Advertisement

JOGJA-Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan kelas Orang Tua dengan tema Peran Orang Tua dalam Penanaman Karakter Anak Usia Dini pada hari Jumat-Sabtu (29-30/07/2022) di RW VII, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

Program ini diinisiasi oleh Universitas Ahmad Dahlan dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat multi tahun yang menyasar pada bidang social, ekonomi, dan budaya. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh lurah Semaki Arini, S.IP. dan Ir. Wawan Edi selaku ketua RW VII Semaki.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam sambutannya, Arini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah inisisasi yang baik, karena di RW VII Semaki mulai merintis kegiatan anak usia dini, sehingga dukungan UAD dapat memperkuat kegiatan anak usia dini sekaligus pendampingan.

Ketua RW VII Ir Wawan Edi juga mengapresiasi kegiatan ini, karena UAD telah bekerja sama dengan RW VII Semaki dalam berbagai kegiatan, terutama pelatihan Batik dan penjualan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dari UAD yaitu Dr. Zahrul Mufrodi, S.T., M.T., IPM , Caraka Putra Bhakti, M.Pd., Prima S. Rohmadheny, M.Pd., Bambang Robi'in, S.T., M.Eng., dan Rachma Tia Evitasari, M.Eng, serta melibatkan mahasiswa PG-PAUD UAD. Kegiatan meliputi kelas anak dan kelas orang tua.

Pada kelas orang tua yang diikuti ibu-ibu wilayah RW VII dilakukan dengan curhat para ibu-ibu mengenai perilaku anak pasca pandemi. Permasalahan orang tua pertama adalah ketergantungan anak pada gawai handphone.

Tidak dimungkiri bahwa handphone dapat menjadi sebuah media untuk mendapatkan berbagai pengetahuan melalui internet. Ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19, ketergantungan anak pada handphone semakin meningkat. Dari kelas yang dilaksanakan secara daring, hingga tugas-tugas yang perlu dikumpulkan melalui aplikasi google classroom maupun whatsapp.

Selain itu, anak-anak juga sangat tertarik dengan berbagai permainan yang terdapat pada handphone. Fenomena ketergantungan pada handphone ini dapat mebuat anak menjadi anti-sosial, jika hal ini berlanjut maka pada saat remaja anak dapat menjadi cuek dan menjadi dewasa yang tidak peduli. Pada kegiatan ini pemateri menjelaskan mengenai bagaimana menanamkan karakter anak sedari dini melalui peran kuat orang tua, dalam membentuk karakter, perilaku, akhlaq, dan pribadi anak.

Advertisement

Selama kegiatan kelas orang tua, anak-anak memiliki kelasnya sendiri dengan kegiatan stimulasi fisik motorik dan kognitif anak melalui pendekatan kearifan lokal batik. Muatan lokal batik diberikan, karena pada wilayah RW VII Semaki berdiri Balai Agung Cendana Batik Tulis, di mana UAD telah bekerjasama dengan berbagai program pelatihan batik.

Selama pandemi tidak ada layanan pendidikan yang dibuka dan orang tua tidak memiliki kesiapan untuk mendampingi anak belajar di rumah, sehingga memicu terjadinya loss learning. Pada awal pelaksanaan kegiatan, anak memiliki kecenderungan untuk kurang percaya diri dan hanya mau ditemani orang tuanya.

Program kegiatan stimulasi memanfaatkan alat dan bahan yang mudah dicari dari lingkungan sekitar dan memanfaatkan muatan budaya sebagai kearifan lokal yaitu batik untuk menstimulasi aspek kognitif, motorik halus, bahasa, dan seni pada anak. Kegiatan yang dilakukan dengan anak-anak antara lain mewarnai batik, membuat batik motif ikat dengan pewarna alami, membuat anyaman, membuat playdough, dan mengenal bentuk bangun ruang.

Advertisement

Pada awalnya hanya mau ditunggu oleh ibunya, setelah terlibat bermain bersama bergembira, anak-anak tampak berani tidak ditunggu ibunya. Anak-anak memiliki ide bermain sendiri secara kreatif ketika memanfaatkan alat bahan batik jumputan.

Para orang tua menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berguna dan membuka pemahaman mengenai hubungan dan karakter yang perlu dibangun antara anak dan orang tua sedari dini.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement