Advertisement

Korsleting Listrik Jadi Biang Kebakaran, Begini Tips Mencegahnya..

CRY22
Selasa, 01 November 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Korsleting Listrik Jadi Biang Kebakaran, Begini Tips Mencegahnya.. Petugas Damkar Jogja berusaha memadamkan api pada salah satu kejadian kebakaran, (31/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sejak Januari-September 2022, angka insiden kebakaran di Kota Jogja mencapai sekitar 45 kejadian. Korsleting listrik diduga menjadi alasan paling menjadi biang terjadinya kebakaran. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, Octo Noor Arafat menyampaikan himbauan agar masyarakat menggunakan peralatan listrik yang berkualitas untuk menghindari kejadian korsleting listrik.

Advertisement

"Jangan terlena dengan harga murah dan atau tampilan yang menarik tetapi ternyata berkualitas rendah," kata Octo saat dihubungi, Selasa (1/11/2022). 

Selain itu, dia juga menghimbau agar masyarakat tidak mengotak-atik atau menyambung langsung peralatan pengaman baik sekering maupun mini circuit breaker (MCB).

BACA JUGA: Daripada Beli Mobil, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Solo Pilih Naik Haji

Octo meminta masyarakat juga untuk tidak menumpuk steker secara berlebihan. "Penumpukan steker secara berlebihan berpotensi menimbulkan panas berlebihan yang bisa menyebabkan kebakaran," katanya. 

Begitu dengan stop kontak, dia menyarankan kepada masyarakat untuk tidak menancapkan stop kontak dalam waktu yang lama. "Serta, hindari menggunakan stop kontak yang terlalu longgar," kata Octo.

Sementara terkait dengan pemasangan instalasi listrik, Octo mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkannya pada kepada petugas yang berpengalaman. "Serahkan pada petugas resmi untuk pemasangan baru atau menambah instalasi listrik di rumah atau bangunan," kata Octo. 

"Jangan lupa, periksa instalasi listrik secara berkala, setiap lima dan 10 tahun."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement