Advertisement

Ada Ornamen Padi hingga Luku, Kapan Jembatan Kretek Boleh Dilewati?

Sunartono
Kamis, 03 November 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Ada Ornamen Padi hingga Luku, Kapan Jembatan Kretek Boleh Dilewati? Wisatawan naik perahu di Sungai Opak di sekitar Jembatan Kretek II, Kretek, Bantul, Rabu (30/3/2022). - Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Keberadaan Jembatan Kretek 2 yang berada di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian pembangunan. Jembatan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna jalan karena berada di atas Laguna Pantai Depok. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Satjer PJN DIY Julian Situmorang menjelaskan hingga awal November 2022 ini perkembangan pembangunan jembatan Kretek 2 berada di angka 98%. Adapun pengerjaan untuk penyelesaian yang saat ini masih berjalan adalah finishing ornamen seni Luku atau bajak sawah. Selain itu masih ada pekerjaan aktif berupa penanaman dan pembuatan model pot untuk tanaman di sepanjang jalur pedestrian jembatan.

Advertisement

 “Pekerjaan penyelesaian saat ini masih berjalan seperti finishing, kemudian membuat model pot untuk tanaman di kiri dan kanan jembatan,” katanya, Kamis (3/11/2022). 

Ia mengatakan jembatan Kretek 2 mengangkat tema pertanian yang menyesuaikan dengan kearifan lokal Bantul. Adapun sejumlah sentuhan seni pada jembatan ini diberikan ornamen luku atau bajak sawah, kemudian ada ornamen bentuk padi pada lampung di sepanjang jembatan. Selain itu terdapat burung Kuntul untuk melengkapi ornamen, di mana burung jenis ini banyak ditemukan di area persawahan Bantul. 

“Jadi ada sentuhan seni berbasis kearifan lokal, dalam prosesnya melibatkan pihak yang berkompeten,” ujarnya. 

Julian belum dapat memastikan kapan waktu peresmian jembatan tersebut. Akan tetapi kemungkinan baru beroperasi pada 2023 karena kontrak pekerjaan baru selesai pada Januari 2023 mendatang. Untuk dapat dilalui kendaraan oleh masyarakat umum lebih dahulu harus melalui uji kelayakan, setelah lolos baru dapat dioperasikan. 

BACA JUGA: Mediasi Kasus SDN Purwomartani, Sekolah Minta Maaf

“Untuk peresmian kapan, kami belum bisa memberikan informasi. Mungkin paling lambat 2023 beroperasinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Sebut PKS Bermain Aman dengan Mengusung Khofifah-Emil di Pilkada 2024

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement