Advertisement

Desa Rintisan Budaya Bisa Akses Dana Pengembangan Budaya & Ekonomi Kerakyatan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 08 November 2022 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Desa Rintisan Budaya Bisa Akses Dana Pengembangan Budaya & Ekonomi Kerakyatan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat Kalurahan Sidoagung, Godean dikukuhkan sebagai Desa Rintisan Budaya, Sabtu (5/11/2022) di Pendopo Kesenian Siswo Mudo Budoyo Padukuhan Bendungan. - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus mendukung dan mendampingi kalurahan yang akan menjadi Rintisan Desa Budaya untuk naik satu tingkat menjadi Desa Mandiri Budaya. Oleh karenanya, masyarakat Rintisan Desa Budaya diminta kreatif dan inovatif.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berharap warga Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean lebih aktif dan kreatif setelah kalurahan tersebut dikukuhkan sebagai Desa Rintisan Budaya. "Saya berharap dengan masyarakat yang kreatif, inovatif dibarengi dengan gotong royong, ke depannya Kalurahan Sidoagung dapat meningkatkan statusnya Desa Mandiri Budaya,” ujarnya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (8/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kalurahan Sidoagung, Godean dikukuhkan sebagai Desa Rintisan Budaya, Sabtu (5/11/2022) di Pendopo Kesenian Siswo Mudo Budoyo Padukuhan Bendungan. Pengukuhan ini akan menambah jumlah rintisan desa budaya di Kabupaten Sleman.

Danang menjelaskan dengan dikukuhkannya Kalurahan Sidoagung menjadi Rintisan Desa Budaya maka kalurahan akan diberi akses dalam memperoleh bantuan terkait pengembangan budaya dan ekonomi kerakyatan.

Baca juga: PANIRADYA: 18 Kalurahan Mandiri Budaya Dibentuk untuk Sejahterakan Masyarakat

"Sampai saat ini Kabupaten Sleman sudah memiliki 19 Rintisan Desa Budaya yang telah mendapatkan SK Gubernur serta memiliki 5 Desa yang telah mendapatkan status Desa Mandiri Budaya," katanya.

Lurah Sidoagung, Edy Utomo menyampaikan rasa terimakasih serta harapannya agar pengukuhan Sidoagung menjadi Rintisan Desa Budaya ini dapat memotivasi pamong dan warga masyarakat agar kedepannya dapat naik tingkat menjadi Desa Mandiri Budaya.

“Semoga dengan dikukuhkannya Sidoagung menjadi Rintisan Desa Budaya dapat memotivasi kami pengurus serta seluruh masyarakat Sidoagung untuk kedepan menjadi Desa Mandiri Budaya,” ujarnya.

Advertisement

Rintisan Desa Budaya merupakan program strategis Gubernur DIY yang pelaksanaannya diserahkan kepada Kabupaten atau Kota dengan pembiayaan melalui Dana Keistimewaan DIY. Adapun tujuan pembentukan Rintisan Desa Budaya adalah bentuk upaya pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan potensi budaya di Kalurahan/Desa. *

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 6 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement