Advertisement

Iba dengan Siswa Korban Sekolah Ambruk, Sultan Tegaskan Soal Anggaran Perbaikan Bangunan

Sunartono
Rabu, 09 November 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Iba dengan Siswa Korban Sekolah Ambruk, Sultan Tegaskan Soal Anggaran Perbaikan Bangunan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Ist/Pemda DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X memastikan kasus robohnya gedung sekolah hingga menimbulkan satu korban jiwa telah ditangani. Sultan merasa kasihan dengan korban meninggal yang berusaha menolong teman-temannya.

Sebagaimana diketahui Fauzi Ajitama,12, siswa yang menjadi korban runtuhnya atap ruang sekolah di SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul dinyatakan meninggal dunia. Korban dinyatakan meninggal oleh tim medis RSUD Wonosari Selasa (8/11/2022) sekitar pukul 20.45 WIB.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menjelaskan kasus ambruknya bangunan sekolah yang menimbulkan korban telah dilakukan penanganan. “Kemarin ada kejadian [gedung sekolah ambruk] di Gunungkidul, pengalaman kalau begini kan masalah longsor banjir, kita koordinasi bisa ditangani. [Untuk kasus sekolah ambruk] Saat ini sudah ditangani Gunungkidul, yang kasihan kan justru [menurut informasi korban] yang [berusaha] menolong [teman-temannya],” kata Sultan di Kompleks Kepatihan Rabu (9/11/2022).

BACA JUGA: Jokowi Punya Alasan Khusus Dukung Prabowo Maju di Pilpres 2024

HB X menambahkan Gunungkidul telah menindaklanjuti peristiwa tersebut, Pemda DIY siap untuk diajak koordinasi jika membutuhkan bantuan. Karena kondisinya termasuk darurat dengan adanya bangunan runtuh, maka penanganan bisa menggunakan anggaran kedaruratan. Sultan meyakini setiap kabupaten dan kota sudah memahami terkait kontrol bangunan yang rawan roboh.

“Itu sebetulnya kabupaten sudah tahu sendiri, bukan karena dasar wewenang, kita kan koordinasi kira-kira mereka perlu bantuan atau enggak. Kalau hal seperti itu semua hal seperti itu kabupaten dan kota anggaran ada semua. Karena itu harus masuk untuk darurat. Tinggal penggunaannya saja untuk apa, tetapi kalau mereka kalau kurang kan ngasih tahu, kita sudah biasa koordinasi,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fans Piala Dunia Soroti Buruknya Fasilitas Penginapan di Qatar

News
| Minggu, 27 November 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement