Advertisement

Atap Sekolah Ambruk Tewaskan Siswa di Gununungkidul, DPRD: Pengecekan Bangunan Jangan Sebatas Formalitas

David Kurniawan
Rabu, 09 November 2022 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Atap Sekolah Ambruk Tewaskan Siswa di Gununungkidul, DPRD: Pengecekan Bangunan Jangan Sebatas Formalitas Atap ruangan di SD Muhammadiyah Bogor, Playen ambruk pada Selasa (8/11 - 2022) sekitar pukul 07.30 WIB. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Komisi D DPRD Gunungkidul mengapresiasi langkah pemkab untuk megecek keamanan gedung sekolah di seluruh wilayah ini. Diharapkan proses ini benar-benar dilaksanakan dan bukan hanya untuk formalitas semata.

Anggota Komisi D DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S mengatakan, ambruknya atap sekolah di SD Muhammadiyah Bogor, Playen yang sampai menimbulkan korban jiwa harus menjadi perhatian serius bagi pemkab. Ia berharap peristiwa tersebut tidak terulang kembali ke depannya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Jokowi Punya Alasan Khusus Dukung Prabowo Maju di Pilpres 2024

“Kami turut prihatin. Jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali di sekolah lain,” kata Ery kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Dia mengakui, berkaitan dengan keselamatan di lingkungan sekolah, Komisi D sudah membuat catatan dalam fungsi pengawasan yang diserahkan ke bupati pada Rabu siang. Salah satu sorotan menyangkut sisi keamanan di sekolah yang berhubungan dengan bangunan.

Ery mengapresiasi adanya langkah dari pemkab untuk mengecek seluruh bangunan sekolah di Bumi Handayani. Upaya ini sebagai salah satu cara memastikan keamanan dan keselamatan anak-anak maupun guru pada saat proses belajar mengajar di sekolah.

“Tapi yang perlu diingat. Pengawasan dan pengecekan jangan asal untuk formalitas belaka,” katanya.

Menurut dia, pengecekan harus dilakukan secara sungguh-sungguh karena menyangkut keamanan dan keselamatan bagi penggunannya. “Komisi D akan turun mengawasi. Dari Fraksi Golkar juga akan turun secara langsung dalam pengecekan ke sekolah-sekolah,” katanya.

Advertisement

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menginstruksikan agar seluruh bamgunan sekolah di Gunungkidul dicek secara menyeluruh. Upaya ini dilakukan guna memastikan konstruksi sesuao dengan standar serta aman pada saat dipergunakan.

"Kejadian yang sama jangan sampai terulang. Jadi, bangunan yang dimiliki harus dicek semuanya untuk memastikan keamanan," katanya.

Selain itu, Sunaryanta meminta dalam setiap pembangunan benar-benar memperhatikan kualitas. Pasalnya, banyak yang menawarkan harga murah, tapi dari sisi kualitas diragukan.

Advertisement

“Jadi hanya asal murah. Tapi, kualitasnya tetap diperhatikan sehingga keamanannya terjamin,” kata pensiunan TNI ini.

Dia menambahkan, untuk peristiwa di SD Muhammadiyah Bogor sudah melihat langsung kondisi di lapangan. Ada dugaan pemakaian rangka atap tidak sesuai standar sehingga memicu terjadinya atap ambruk. “Kalau pakai baja ringan seharusnya memakai atap khusus dan bukan menggunakan genteng dari tanah liat,” katanya. (David Kurniawan)

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Lereng Merapi Tanam Alpukat Jumbo, Harganya Sampai Rp40.000

News
| Sabtu, 10 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement