Advertisement

Anggota DPRD DIY Tegaskan Pancasila Tetap Eksis di Tengah Gelombang Teknologi

Media Digital
Jum'at, 11 November 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Anggota DPRD DIY Tegaskan Pancasila Tetap Eksis di Tengah Gelombang Teknologi Bedah buku bertajuk Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi di Kotagede, Kamis (10/11/2022). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Stevanus Christian Handoko, anggota DPRD DIY, dalam bedah buku bertajuk Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi menegaskan Pancasila masih eksis hingga saat ini. Meskipun masyarakat telah bertransformasi menjadi semakin erat dengan teknologi, ideologi negara itu masih kokoh.

Stevanus menyampaikan kehidupan modern, terutama sejak adanya Covid-19, masyarakat dipaksa untuk bertransformasi secara digital. “Ketika kita bicara era sekarang, transformasi digital, semua orang pegang gadget, semua erang dekat erat dengan teknologi,” kata Stevanus dalam bedah buku di Kotagede, Kamis (10/11/2022).

Advertisement

Menurut Stevanus, fenomena itu menjadi bentuk transformasi manusia dalam kehidupan.

"Kalau kita melihat sekarang, paradigma masyarakat yang sudah berubah karena teknologi, menurut saya tetap sama saja. Pancasila di masa lalu, sampai saat ini, bahkan di masa yang akan datang, pancasila masih relevan. Nilai-nilai pancasila relevan,"

Menurutnya, kehidupan leluhur, orang tua kita dan kehidupan kita terdapat kemiripan dengan nilai yang terkandung dalam pancasila. "Bila kita berbicara mengenai pancasila, mengenai nilai-nilai pancasila, founding fathers kita mengambil intisari dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia: gotong royong, saling menghargai," ucap Stevanus.

Hardi Nugroho, Kepala Seksi Pengembangan Minat dan Budaya Baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, menyampaikan masyarakat perlu meningkatkan budaya membaca untuk dapat berdaya saing dalam pengetahuan, dan memiliki sikap yang saling menghormati."Kita disini membangun kesadaran kolektif untuk tetap memegang dan mengaktualisasikan nilai pancasila ditengah masyarakat," kata Hardi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement