Advertisement

Begini Solusi Disnakertrans DIY Agar Lulusan SMK Terserap Kerja

Media Digital
Rabu, 16 November 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Begini Solusi Disnakertrans DIY Agar Lulusan SMK Terserap Kerja Talkshow ketenagakerjaan di SMKN 6 Jogja menghadirkan tenaga profesional saat peluncuran dan uji coba program Aku Siap Makerti milik Disnakertrans DIY, Rabu (16/11/2022) - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY meluncurkan dan mengujicobakan Program Aku Siap Makarti yang mengintegrasikan tes potensi, pendampingan, dan penyaluran kerja untuk memaksimalkan angkatan kerja dari lulusan SMK. Peluncuran dan uji coba tersebut dilakukan di lima SMK di DIY.

SMKN 6 Jogja jadi salah satu sekolah yang diujicobakan, Rabu (16/11/2022). Sebanyak 20 siswa SMKN 6 Jogja mengikuti tes hingga pendampingan dari program Aku Siap Makarti. Uji coba tersebut dilakukan untuk mengevaluasi sistem komputasi program tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Targetnya, tahun depan Aku Siap Makarti sudah digunakan di seluruh SMK di DIY yang jumlahnya 218 sekolah. Program ini adalah kerja sama antara Disnakertrans DIY dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY untuk mengurangi angka pengangguran lulusan SMK.

Kepala Disnakertrans DIY Aria Nugrahadi menjelaskan program Aku Siap Makarti telah dipersiapkan dengan matang antara pihaknya dengan Fakultas Psikologi UGM. “Mereka dengan program pengabdian masyarakat membantu menyusun asesmen tes untuk menggali potensi siswa-siswa SMK dan dunia kerja, dari hasil tes kami bersama-sama melakukan pendampingan agar tiap siswa memiliki bekal untuk bekerja,” jelasnya, Rabu (16/11/2022) sore.

Aria menjelaskan program Aku Siap Makarti juga melayani distribusi lowongan pekerjaan, selain pembekalan bagi siswa SMK. “Dari programnya ini dihubungkan dengan sistem data Kementerian Ketenagakerjaan untuk mencari tahu lowongan yang tersedia sesuai spesifikasi siswa,” ujarnya.

Agar program Aku Siap Makarti dapat lebih maksimal, jelas Aria, dilakukan uji coba untuk mengetahui kecenderungan siswa SMK. “Supaya akurasi algoritmanya lebih akurat dan maksimal agar siswa SMK terserap seluruhnya ke lapangan pekerjaan,” katanya.

Total ada 100 siswa yang mengikuti uji coba program tersebut. Lantaran ada lima sekolah yang melakukannya dan setiap sekolah diwakili 20 siswa.

Peluncuran dan uji coba Aku Siap Makarti juga dimeriahkan dengan talkshow. “Kami juga adakan talk show di semua sekolah yang kami ujicobakan, temanya soal ketenagakerjaan, seperti di SMKN 6 Jogja ini,” ucap Aria.

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Nyatakan Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

Kepala SMKN 6 Jogja Wiwik Indriyani turut mengapresiasi peluncuran dan uji coba Aku Siap Makarti di sekolahnya. “Kami berterima kasih sekali pada Disnakertrans DIY yang sudah memberikan kesempatan uji coba ini,” katanya saat memberikan sambutan, Rabu siang.

Wiwik menyebut program Aku Siap Makerti membantu pihak sekolah untuk memaksimalkan potensi kerja siswa. “Program ini akan sangat membantu seluruh SMK di DIY dan merupakan program inovatif yang patut didukung,’ jelasnya.

Advertisement

Pendampingan potensi hingga penyaluran kerja siswa SMK, jelas Wiwik, sangat penting untuk dilakukan bersama-sama. “Semakin banyak yang ikut bergotong royong semakin sedikit angka pengangguran lulusan SMK,” tegasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement