Advertisement

Jaga Keamanan di 33 Pantai se-DIY Saat Libur Akhir Tahun, 328 Personil Sarlinmas Disiagakan

Triyo Handoko
Minggu, 20 November 2022 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Jaga Keamanan di 33 Pantai se-DIY Saat Libur Akhir Tahun, 328 Personil Sarlinmas Disiagakan Ilustrasi wisata Pantai Watunene di Kalurahan Tepus, Tepus, Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guna menyambut masa liburan akhir tahun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY telah menyiapkan sebanyak 328 personil Sarlinmas DIY untuk menjaga 33 lokasi pantai.

Deteksi dini gelombang tinggi juga dilakukan Sarlinmas DIY mengingat cuaca ekstrem dan gelombang tinggi yang akhir-akhir ini terjadi. Dari ratusan pantai di DIY baru 33 pantai yang sudah memiliki pos jaga dan personil Sarlinmas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, menjelaskan pemaksimalan personel terus dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan deteksi dini kecelakaan, khususnya di pantai.

“Sudah kami siagakan dan minta lebih giat lagi karena selain libur akhir tahun juga gelombang tinggi berpotensi menyebabkan laka laut,” kata dia, Minggu (20/11/2022).

BACA JUGA: Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah Serbu Jogja

Noviar menyebut Sarlinmas DIY tersebar dari Pantai Sadeng, Gunungkidul hingga Pantai Glagah Kulon Progo, serta Waduk Sermo dan kawasan Kaliurang. “Semuanya dilakukan untuk menjaga keamanan terutama di objek-objek wisata,” ujarnya.

Persiapan sarana prasarana juga dilakukan, jelas Noviar, menjelang libur akhir tahun. “Sarana prasarana kami tambah dan perbaiki, obat-obatan P3K kami perbarui, ambulans juga disiagakan untuk mengantisipasi,” katanya.

Noviar juga menghimbau masyarakat dan wisatawan untuk tetap berhati-hati. “Karena personel yang juga terbatas, maka masyarakat juga harus saling menjaga dan hati-hati, kewaspadaan ditingkatkan,” imbaunya.

Advertisement

Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP DIY, Nur Hidayat menyebut berbagai persiapan sudah maksimal diupayakan. “Pemasangan tanda-tanda khusus juga dilakukan, misalnya papan bahaya dilarang mandi karena mungkin dekat palung ada semua, masyarakat diharapkan mengikuti itu,” ujarnya.

Hidayat menyebut secara jumlah personel Sarlinmas memang belum ideal. “Tapi kalau lihat kinerja mereka yang totalitas, patut diapresiasi karena mereka benar-benar penjaga keistimewaan pantai selatan DIY,” katanya.

Personel Sarlinmas, kata Hidayat, patut diapresiasi karena kegigihan mereka untuk tetap menjaga keamanan dan kondusivitas kawasan objek wisata.

Advertisement

“Keterampilan dan kemampuan mereka tidak diragukan lagi, jadi wisatawan tidak perlu khawatir personel kami selalu siap siaga,” kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nella Kharisma hingga Widowati Meriahkan Konser Tengah Sawah Peluncuran YSNW

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement