Advertisement

Tahun 2023, Pasar Sentul akan Direvitalisasi

Media Digital
Senin, 21 November 2022 - 06:17 WIB
Jumali
Tahun 2023, Pasar Sentul akan Direvitalisasi Kondisi Pasar Sentul - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tahun 2023, Pasar Sentul rencananya akan direvitalisasi. Sosialisasi terkait revitalisasi rencananya akan dilakukan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja akhir tahun ini. 

Kelik Novidwyanto, Sub Koordinator Kebersihan Keamanan, Dinas Perdagangan Kota Jogja menyampaikan hingga saat ini belum ada sosialisasi secara khusus kepada pedagang terkait revitalisasi Pasar Sentul.

Advertisement

"Jadi rencananya di tahun 2022 akhir, kita sudah mulai sosialisasi. Kemarin kan sudah dua kali [sosialisasi] tapi dialihkan ke sosialisasi perda [peraturan daerah] sekalian," kata Kelik, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, menurut Kelik, sosialisasi ini belum dilakukan lantaran masih menunggu kajian UKL UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup). "Kita bertahap sosialisasi sambil menyelesaikan AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) dan UKL UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup)," ucup Kelik.

Menurut Kelik, perkiraan Maret 2023 sudah mulai dilakukan pengerjaan revitalisasi yang akan berakhir pada akhir 2023. "Jadi Oktober sampai Desember 2022 kita sosialisasi, sambil nanti PU [Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja] membangun barak sementaranya, diperkirakan selesai di bulan Maret 2023

Kelik menyampaikan sosialisasi resmi revitalisasi Pasar Sentul masih menunggu dari PU. "Kita menunggu kepastian dari PU, karena kalau kita sosialisasi resmi, ada hal-hal yang tidak bisa kita jawab. Kemarin hanya sosialisasi terbatas dengan Disdag, kemarin dicampur dengan sosialisasi Perda. Sosialisasi Pasar Sentul kemarin cuma tambahan," terang Kelik.

Selama pengerjaan revitalisasi, pedagang akan dialihkan sementara ke daerah Kali Mambu, Kota Jogja.

"Ketika nanti barak sementaranya sudah selesai, kita nanti melakukan pemindahan ke barak sementara," kata Kelik. 

Kelik menyampaikan sosialisasi kali ini untuk memperbaiki bangunan fisik Pasar Sentul saat ini. Selain itu nantinya akan dilakukan pula manajemen pedagang, "Kita juga akan melakukan perbaikan masalah manajemen dan pengelolaannya," kata Kelik.  

Nantinya anggaran revitalisasi Pasar Sentul, menurut Kelik akan menggunakan Dana Keistimewaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement