Advertisement

Vaksin Indovak Belum Terdistribusi di Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 25 November 2022 - 19:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksin Indovak Belum Terdistribusi di Gunungkidul Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Kesehatan Gunungkidul memastikan program vaksinasi Covid-19terus berjalan. Meski demikian, untuk sekarang belum memakai vaksin asli Indonesia, Indovak, karena belum didistribusikan sampai ke Bumi Handayani.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, Pemerintah Indonesia telah memiliki vaksin corona asli buatan dalam negeri yang diberinama Indovak. Meski demikian, hingga sekarang belum dipakai di Gunungkidul dikarenakan belum ada pengiriman yang masuk.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Sekarang kita masih pakai Pfizer. Untuk Indovak belum ada,” kata Dewi kepada wartawan, Jumat (25/11/2022).

Dia menjelaskan, program vaksinasi corona sempat terhambat karena ketersediaan stok vaksin. Meski demikian, pada saat ini tidak ada masalah karena stok di dinas kesehatan dan puskesmas masih ada.

Baca juga: Obat Manjur Untuk Mengatasi Nyeri Haid, Wajib Coba!

“Vaksinasi terus dijalankan denga stok vaksin yang ada,” katanya.

Menurut Dewi, capaian vaksinasi booster di Gunungkidul sudah lebih dari 43%. Program ini akan terus dijalankan karena tren kenaikan kasus corona masih terjadi.

Diperkirakan hingga awal tahun masih ada peningkatan. Pasalnya, ada momen libur Natal dan Tahun Baru yang harus diwaspadai agar jumlah kasusnya tidak terus meningkat.

Advertisement

“Tidak hanya penularan kasus baru. Sebab, hingga sekarang juga masih ada warga yang meninggal karena dinyatakan positif corona,” katanya.

Untuk mengendalikan laju penularan, Dewi meminta kepada masyarakat berpartisipasi. Salah satunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Tidak boleh abai dan harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar laju penularan bisa terus terkendali,” katanya.

Advertisement

Pentingnya Kesehatan

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan kesehatan merupakan hal yang penting untuk proses pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, ia meminta kepada masyarakat untuk menjaganya sehingga kondisi tubuh tetap fit guna menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.

“Jadi peting menjaga kesehatan. Termasuk mencegah penularan virus corona dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut dia, upaya pemulihan akibat dampak dari corona terus dilakukan. Sunaryanta berharap program ini berjalan dengan lancar sehingga keadaan bisa kembali normal seperti belum pademi.

Advertisement

“Tentunya saya juga berharap kualitas layanan kesehatan juga dapat terus ditingkatkan,” katanya.

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nella Kharisma hingga Widowati Meriahkan Konser Tengah Sawah Peluncuran YSNW

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement