Advertisement

Disbud Sleman Gelar Anugerah Kebudayaan Award, Ini Dia Para Pemenangnya

Anisatul Umah
Minggu, 27 November 2022 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Disbud Sleman Gelar Anugerah Kebudayaan Award, Ini Dia Para Pemenangnya Suasana penyerahan Anugerah Kebudayaan Award 2022 di Pendopo Parasamya, Sabtu malam (26/11/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Kebudayaan Sleman menggelar Anugerah Kebudayaan Award 2022 di Pendopo Parasamya, Sabtu malam (26/11/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya mengatakan Anugerah Kebudayaan Award merupakan ajang pemberian penghargaan kepada para seniman dan budayawan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Selain itu juga untuk mendorong masyarakat turut berperan aktif di dalam melestarikan kebudayaan. Sebanyak tujuh tim penilai dilibatkan untuk melakukan verifikasi calon penerima penghargaan.

"Acara ini menjadi salah satu upaya untuk melindungi dan melestarikan budaya atau cagar budaya. Kami juga melakukan verifikasi calon penerima," ucapnya.

Dia menjelaskan, ada enam kategori penghargaan Anugerah Kebudayaan 2022 ini. Di antaranya kategori Pelestari dan atau Pelaku Adat Tradisi diraih oleh Mbah Bregas, kategori Pelestari dan atau Pelaku Warisan Budaya dan Cagar Budaya diraih oleh Polsek Berbah.

Kategori Pelestari atau Pelaku Seni diraih oleh KRT Stefanus Prigel Siswanto, kategori Kreator diraih oleh M. Budi Sarjono, kategori Budayawan diraih oleh Ir. Suyata, dan untuk kategori Anak Berprestasi di Bidang Kebudayaan diraih oleh Panggah Nowo Wibatsu. "Piagam apresiasi diserahkan langsung oleh Bupati kepada para penerima penghargaan," ujar dia.

BACA JUGA: Guyon Waton hingga Project Pop Meriahkan Festival Gadjah Mada 2022

Selain penyerahan penghargaan, dalam acara ini juga dilakukan penyerahan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda 2021. Diberikan kepada Langen Toya, Upacara Bersih Dusun Mbah Bregas, Trengganon, Upacara Adat Tuk Si Bedug, dan Upacara Bathok Bolu.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman akan terus memberikan dukungan serta perhatian terhadap agenda kebudayaaan agar terus lestari. Dia berharap agar seniman-seniman senior bisa membagikan ilmu kepada juniornya sehingga ada regenerasi seniman di Sleman.

"Kita patut bangga dengan adanya ajang penghargaan seperti ini. Terlebih lagi tadi ada pemberian penghargaan untuk generasi muda," kata Kustini.

Dalam kesempatan ini Kustini juga melantik tujuh anggota Dewan Kebudayaan Sleman yang berasal dari kalangan akademisi, seniman, dan budayawan. Bupati mengharapkan para anggota Dewan Kebudayaan bisa terus berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan.

"Untuk melahirkan inovasi dan kreativitas dalam melestarikan kebudayaan di Kabupaten Sleman."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Telkom dan Transjakarta Kolaborasi Kembangkan Sistem Teknologi Informasi

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Orang Jogja Wajib Tahu! Ini Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement