Advertisement

‎Pemkab Bantul Galang Donasi untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Ujang Hasanudin
Rabu, 30 November 2022 - 02:47 WIB
Arief Junianto
‎Pemkab Bantul Galang Donasi untuk Korban Gempa Bumi Cianjur Gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Pemkab Bantul menggalang donasi dari semua aparatrur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bantul. Hasil penggalangan dana itu nantinya disalurkan kepada warga Cianjur, Jawa Barat, yang terdampak gempa bumi, beberapa waktu lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan Pemkab Bantul sudah membuat Surat Edaran (SE) dan sudah dikirim kepada semua ASN di Bantul terkait penggalangan dana untuk membantu masyarakat di Cianjur yang menjadi korban gempa bumi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Surat Edaran soal penggalangan dana sudah kita buat dan kita bagikan kepada semua organisasi perangkat daerah [OPD] di Bantul,” katanya seusai mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-51 Korpri di Lapangan Paseban Bantul, Selasa (29/11/2022).

Helmi mengatakan nantinya hasil penggalangan dana berupa uang akan dikoordinasikan oleh masing-masing OPD dan setelah semuanya terkumpul akan dikirim ke Cianjur melalui pemerintah setempat atau Pemkab Cianjur. “Jadi bantuannya berupa uang bukan barang,” ucap dia.

BACA JUGA: Siap-Siap! Tahun Depan, Tiket Masuk Pantai Parangtritis Naik

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo mengatakan penggalangan donasi atau bantuan untuk warga Cianjur yang saat ini mengalami musibah bencana gempa bumi dilakukan karena masyarakat Bantul juga pernah mengalami hal serupa.

Bantul pernah dilanda gempa bumi pada 2006 silam sehingga penderitaan masyarakat Cianjur, kata Joko, bisa dirasakan masyarakat Bantul.

“Maka kami dari Pemkab Bantul, Forkompimda Bantul dan anggota Korpri Bantul hari ini mulai menggalang bantuan untuk warga Cianjur yang terdampak gempa bumi,” katanya.

Joko berujar bantuan yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada masyarakat Cianjur melalui Pemkab setempat oleh perwakilan dari Pemkab Bantul dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

“Kita doakan saudara-saudara kita di Cianjur tetap sabar dan yang telah menjadi korban meninggal dunia senantiasa diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan yang saat ini sedang dirawat segera diberikan kesembuhan,” ujar Joko.

Sebelumnya donasi juga diberikan oleh sejumlah elemen masyarakat Bantul melalui PMI, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), dan juga Search and Rescue (SAR) DIY Distrik Bantul.

Kasiops SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto mengatakan bantuan yang dihimpun SAR DIY Distrik Bantul tidak ada yang berupa uang melainkan sembako dan makanan ringan seperti beras, roti, mi instan, dan minuman instan.

Bantuan itu terhimpun dari SMPN 2 Pleret, DM Baru,toko-toko, masyarakat Cepor Palbapang Bantul, dan sejumlah komunitas. “Bantuan sudah kami salurkan semua. Tidak ada dalam bentuk uang melainkan sembako,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement