Advertisement

Siaran Analog di DIY Dihentikan Malam Ini, Antv Siap

Sunartono
Jum'at, 02 Desember 2022 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siaran Analog di DIY Dihentikan Malam Ini, Antv Siap Ilustrasi ruang pemantauan siaran digital. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah akan menghentikan siaran analog untuk wilayah DIY pada Jumat (2/12/2022) malam. Sehingga semua stasiun televisi diminta untuk beralih ke siaran digital.

Sejumlah stasiun televisi pun sudah mulai bersiap dengan aturan dari Kominfo untuk bermigrasi ke digital, salah satunya Antv yang memiliki channel di DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Mulai Jumat malam ini pukul 24.00 WIB kami siap beralih ke siaran digital. Jadi beberapa tayangan yang banyak disukai penonton seperti Bintang Samudera dan program lainnya kini dapat dinikmati pada siaran digital dengan kualitas gambar yang lebih baik di wilayah DIY," kata Communication Antv Riyandri Tjahjadi Corporate dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/12/2022).

Ia menambahkan sejalan dengan keputusan Kominfo terkait penghentian sistem penyiaran televisi Analog Switch Off (ASO), yang sebelumnya sudah dilaksanakan di wilayah Jabodetabek. Sejumlah kota lain yang juga siap melakukan migrasi ke digital adalah Semarang, Bandung, Surakarta, dan Batam.Peralihan sistem dilakukan secara bertahap di semua wilayah di Indonesia.

Baca juga: TV Analog Segera Dimatikan, Pembagian Set Top Box di DIY Baru 30%

"Dengan adanya migrasi ini kami harap pemirsa di rumah dapat menikmati tayangan yang lebih bersih, lebih jernih dan lebih canggih," katanya.

Ia mengatakan masyarakat yang belum menggunakan televisi digital tidak perlu khawatir, untuk mengakses siaran Antv via televisi digital khususnya di wilayah DIY dan sekitarnya, masyarakat hanya perlu membeli Set Top Box (STB). STB ini dihubungkan dengan antena UHF jika pesawat televisi belum dilengkapi tuner DVB-T2. Bagi masyarakat yang telah menggunakan STB namun masih belum berhasil menemukan siaran digital Antv, maka dapat melakukan scan ulang TV dan pastikan antena UHF (outdoor) dalam kondisi baik dan di posisi yang benar.

"Caranya televisi dalam mode AV, lalu pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB. Kemudian pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB lalu nyalakan STB. Atur LCN dalam keadaan on agar langsung memperoleh channel digital, masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal lalu klik pencarian otomatis," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement