Advertisement

Akhirnya Jembatan Kretek II Penghubung Jalur Pansela di Bantul Dibuka, Ini Jadwalnya

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Akhirnya Jembatan Kretek II Penghubung Jalur Pansela di Bantul Dibuka, Ini Jadwalnya Jembatan Kretek II yang menghubungkan JJLS atau Jalur Pansela di Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jembatan Kretek II yang menghubungkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) di atas Sungai Opak atau Laguna Pantai Depok, Bantul, akan dibuka ketika libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Sri Harsono, mengatakan Jembatan Kretek II dibuka agar tidak terjadi antrean kendaraan di Jembatan Kretek I atau jembatan sebelum Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis.

Advertisement

“Kami hindari penumpukan atau antrean kendaraan di Jembatan Kretek I. Bahaya kalau jembatan itu ada antrian kendaraan. Jadi nanti pulangnya, wisatawan dapat lewat Jembatan Kretek II ke barat kemudian ke TPR Samas menuju arah utara,” kata Harsono ditemui di kantornya pada Jumat, (2/12/2022).

Jembatan Kretek II yang digadang-gadang menjadi ikon wisata baru di Bantul sudah selesai dibangun. Namun, jembatan itu belum dibuka untuk masyarakat karena masih menunggu penyelesaian detail-detail kecil lainnya.

BACA JUGA: Tak Hanya Megah, Ini Keunikan Jembatan Kretek 2 di JJLS

Menurut Harsono, jawatannya akan memasang rambu portabel atau banner imbauan untuk mengarahkan wisatawan ke arah Jogja. Dishub akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk wisatawan yang ingin merayakan tahun baru di kawasan Pantai Selatan.

“Apabila crowded di Sempalan Pundong, wisatawan akan kami arahkan ke kiri lewat Jembatan Sogun lalu ke kanan baru menuju Parangtritis,” ucapnya.

Dishub juga memberi perhatian untuk jalan di depan Hotel Gandung, Parangtritis. “Di Hotel Gandung, kami tempatkan petugas untuk mengatur masuknya wisatawan ke pantai,” kata dia.

BACA JUGA: Sudah Selesai, Kapan Jembatan Kretek II di JJLS Bantul Bisa Dilewati Masyarakat?

Sementara itu Kasatlantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan, mengatakan destinasi wisata yang  menjadi prioritas penjagaan ketika libur Nataru adalah pantai dan kawasan Mangunan. hutan pinus di Dlingo dan Pantai Parangtritis.

“Kami menyiapkan pos sebagai penyangga di beberapa titik. Ada di Piyungan, Sedayu, Srandakan, dan kemungkinan pos pelayanan di TPR Parangtritis,” kata Fikri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement