Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Ujang Hasanudin
Minggu, 04 Desember 2022 - 14:47 WIB
Arief Junianto
Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — PT.Wika Hutama Jo selaku kontraktor pembangunan Jembatan Kretek 2 Bantul memastikan pembangunan jembatan sudah selesai dan tinggal menunggu peresmian untuk operasionalnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pejabat Humas PT.Wika Hutama Jo, Wahyu Nurbiantoro mengatakan dari informasi terakhir yang dia terima peresmian jembatan akan dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Rencana di bulan ini sudah diresmikan, minggu depan, Cuma tanggalnya belum bisa update, tetapi infonya antara 7 dan 8 Desember ini,” ucap Wahyu, saat dihubungi Minggu (4/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wahyu mengatakan rencana peresmian di tanggal tersebut karena kemungkinan banyak para pejabat termasuk Menteri PUPR ke Jogja dalam rangka menghadiri pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Selain itu peresmian jembatan di minggu kedua bulan ini tersebut juga dikarenakan akan digunakan untuk arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. Sehingga kemungkinan besar Jembatan Kretek 2 diresmikan pada awal pekan ini. Hanya tinggal memastikan tanggalnya.

BACA JUGA: Belasan Remaja di Bantul Ditangkap Polisi karena Kedapatan Bawa Sajam

Menurutnya, pembangunan Jembatan Kretek 2 sebenarnya sudah selesai sejak Agustus lalu, namun kontraknya dengan PT.Wika Hutama sampai Februari 2023. Meski jembatan senilai Rp364 miliar lebih cepat selesai dari masa kontrak tersebut diakuinya sudah sesuai spek.

Sejak Agustus sampai saat ini pihaknya mendapatkan tugas tambahan untuk pelebaran Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di timur jembatan sepanjang dua kilometer menuju Pantai Parangtritis. Tugas tambahan pembangunan jalan tersebut juga dipastikan selesai dalam bulan ini sehingga akhir bulan tinggal memasang marka jalan.

Selama ini jalan di timur jembatan hanya berlaku satu jalur sehingga dibuat dua jalur sehingga lebih lebar dan menyambung dengan JJLS yang sudah dibangun lebih dulu di dekat Parangtritis, “Yang penting kan nanti jembatannya nanti sudah diresmikan dan sudah bisa dilalui,” katanya. 

Lebih lanjut Wahyu mengatakan sejauh ini tidak ada persoalan selama pengerjaan Jembatan Kretek 2 sehingga secara fisik dan estetika jembatan tersebut sudah bisa diresmikan dan bisa dilalui. Hanya tinggal pengerjaan taman yang di luar jembatan dan menyelesaikan pembangunan jalan di timur jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta berharap selama libur Nataru ini jembatan Kretek 2 bisa beroperasi untuk memperlancar arus lalu lintas selama libur Nataru. Pasalnya, pada libur Nataru tahun ini Pemerintah Pusat membebaskan kepada semua masyarakat termasuk aparatur sipil negara (ASN) untuk libur dan pulang kampung.

Sehingga dipastikan jalanan akan semakin padat, “Untuk memperlancar arus lalu lintas kami sudah bersurat ke Kementerian PUPR agar Jembatan Kretek 2 bisa dilalui selama libur Nataru jika memang belum diresmikan. Syukur-syukur sih bisa diresmikan bulan ini,” kata Aris.

Rencananya, kata Aris, jembatan kretek dua akan dijadikan sebagai jalur pemudik dari arah barat menuju timur seperti Gunungkidul. Selain itu juga akan digunakan sebagai arus balik bagi wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis pada malam Tahun Baru 2023.

“Jadi wisatawan yang ke Parangtritis nanti masuk lewat Jalan Parangtritis dan keluar lewat Jembatan Kretek 2 menuju Jalan Samas,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Bikin Paspor Langsung Jadi dalam Sehari Bayar Lagi Rp1 Juta, Sah atau Tidak?

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement