Advertisement

Pembangunan Lokasi Transit Pedagang Pasar Godean Capai 70 Persen

Anisatul Umah
Minggu, 04 Desember 2022 - 06:07 WIB
Bhekti Suryani
Pembangunan Lokasi Transit Pedagang Pasar Godean Capai 70 Persen Pasar Godean, Sleman, Jumat (18/11/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jelang pemugaran Pasar Godean, pedagang akan dipindahkan ke lokasi transit pada pertengahan Desember 2022 ini. Pembangunan lokasi transit saat ini sudah mencapai 70 persen.

Lokasi transit berada di tiga tempat yakni Sidokarto, Kuliner Belut, dan Pasar Hobbies. Lokasi transit hanya akan ditempati sementara sampai tempat relokasi rampung dibangun.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Transit pedagang mulai pertengahan bulan ini. Untuk tempat relokasi yang transit saat ini sudah mencapai 70 persen," ucap Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tina Hastani kepada Harianjogja.com, Sabtu (3/12/2022).

Sementara tempat relokasi, kata Tina, masih dalam proses pematangan lahan. Serta persiapan lelang fisik bangunan relokasi. "Malah permintaan pedagang sepertinya di transit sampai habis lebaran," lanjutnya.

Salah satu pedagang Pasar Godean Sigit Budi Permana mengatakan sejauh ini tidak ada masalah dengan tempat relokasi, namun yang dipermasalahkan adalah lokasi transitnya karena kurang layak. Dia belum mau berkomentar lebih lanjut dan berharap semuanya bisa berjalan lancar.

"Saya sendiri gak ada masalah dengan [lokasi] relokasi. Yang saya masalahkan transit, relokasi gak masalah," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Godean (PPPG) Wawan Setiawan menyambut baik rencana revitalisasi dan berharap bisa berjalan lancar sesuai rencana. Dia bisa menerima rencana transit dan relokasi. Meski tidak ideal, menurutnya tempat transit bisa untuk berjualan.

BACA JUGA: Cetak Sejarah! Kamerun Jadi Negara Afrika Pertama yang Kalahkan Brazil

"Alhamdulillah kami menyambut baik. Semoga bisa sesuai rencana. Kami harap pembangunan Pasar Induk Godean dapat selesai per Februari 2024," ungkapnya.

Dia menjelaskan tempat transit memang tidak ideal karena harus terpisah di tiga lokasi. Salah satu lokasi di Sidokarto, kata Wawan, tiangnya terbuat dari bambu. Jumlah lapak juga jadi berkurang.

"Karena itu bersifat darurat harapannya berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian. Bersakit sakit dahulu senangnya ketika bangunan Pasar Godean sudah jadi akan mendapat tempat yang layak dan baik untuk berjualan jangka panjang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Bikin Paspor Langsung Jadi dalam Sehari Bayar Lagi Rp1 Juta, Sah atau Tidak?

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement