Advertisement

Satu Abad NU, Ada Fashion Show di Jalanan Kridosono Jogja

Sunartono
Rabu, 07 Desember 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Satu Abad NU, Ada Fashion Show di Jalanan Kridosono Jogja Model memperagakan baju koleksi desainer Jogja saat fashion on the street di sisi timur Stadion Kridosono, Kotabaru, Kemantren Gondokusuman, Jogja, Rabu (7/12/2022). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) serta expo UMKM Sibakul local fest yang berlangsung 7 hingaa 11 Desember 2022 di Stadion Kridosono. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Si Bakul Local Fest yang merupakan rangkaian Harlah 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama) di Stadion Kridosono secara resmi dibuka Rabu (7/12/2022) sore. Salah satu kegiatan pembukaan yang menyita perhatian adalah pelaksanaan Fashion Show di jalanan Kawasan Kridosono.  

Koordinator Fashion Street Sibakul Local Fest Lia Mustafa dalam peragaan fesyen tersebut ada sejumlah desain busana modern islami yang dipamerkan. Desain busana yang dikenakan para model ini merupakan persembahan para desainer nahdliyin yang ada di DIY, Jawa Tengah dan kota-kota lain di Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : Pelaku Ecoprint Hindari Kancing Baju Plastik di Produk 

“Banyak desainer yang terlibat dalam Fashion Show Street Expo UMKM Nahdliyin dalam rangka 1 Abad NU. Fesyen yang dikenakan para model ini cerminan dari busana yang selama ini banyak dikenakan warga NU,” terang Lia Mustafa dalam rilisnya, Rabu.

Fashion Show Street 1 Abad NU ini melibatkan beberapa Pondok Pesantren di wilayah DIY dan Jawa Tengah yang memiliki para kreator andal. Selain itu melibatkan desainer dari beberapa asosiasi, para UKM yang tergabung di sibakul dan desainer dari Kadin DIY.

Peragaan busana dikonsep one by one dari posisi pintu utara ke pintu selatan, model melakukan fashion on the street nantinya berjalan diatas aspal (jalan utama). Kemudian berhenti di depan panggung VIP untuk memperkenalkan para desainer dan didampingi modelnya, setelah berkumpul di titik tertentu akan ada parade bersama seluruh model baru kembali dipintu selatan.

“Posisi ini memberi daya tarik sendiri dalam mengenalkan seluruh karya para desainer, tidak ada batasan bahwa bajunya bisa dalam material tertentu,  karena boleh membawa material dari beberapa kelokalan budaya Indonesia manapun, Terpenting yang digaris bawahi adalah pakaian muslim yang rapi, sopan dan menarik menjadi inspirasi,” katanya.

Selain peragaan busana juga digelar kirab budaya pada Rabu (7/12/2022) siang di sekitar Kridosono yang diikuti sebanyak 1.200 orang. Kemudian malam harinya ada pengajian akbar bersama Gus Muwafiq.

BACA JUGA : Pemda DIY Berambisi Jadikan Jogja sebagai Pusat Fashion 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi dalam pembukaan kegiatan itu mengatakan Sibakul Local Fest diharapkan dapat memberikan ruang bagi para pelaku UMKM di DIY. Kerja sama digelar dengan NU dengan harapan semakin memberikan ruang lebih banyak bagi para pelaku UMKM.

“Saat ini yang mengikuti ada sekitar 300 pelaku UMKM mulai dari fesyen hingga makanan, mereka telah melalui proses kurasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement