Advertisement

Dekranasda Jogja Diminta Bantu Perkuat Ekonomi Daerah

Media Digital
Jum'at, 09 Desember 2022 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Dekranasda Jogja Diminta Bantu Perkuat Ekonomi Daerah Pengurus Dekranasda Kota Jogja periode 2022-2027 saat berfoto bersama di sela-sela Musda di Komplek Balai Kota Jogja, Kamis (8/12/2022). - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jogja dikukuhkan bersamaan dengan digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) di Ruang Bima, Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (8/12/2022). Pemkot Jogja mendorong Dekranasda Jogja menangkap peluang pengembangan potensi ekonomi kreatif dan membantu memperkuat ekonomi daerah.

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi mengatakan pengurus Dekranasda Kota Jogja turut memiliki tanggung jawab dalam memperkuat ekonomi daerah sebagai unggulan. Ia yakin para anggota Dekranasda Jogja mengetahui cara untuk memperkuat ekonomi daerah, salah satunya dengan mengembangkan potensi yang ada. Jogja memiliki banyak kelebihan potensi berkaitan dengan kerajinan produk UMKM.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Dekranasda DIY Dorong Digitalisasi Penjualan Batik 

"Bahkan kreativitas masyarakat Jogja ini sangat diakui oleh daerah lain. Kami memiliki kemampuan inovasi yang tinggi, ini merupakan potensi untuk mendukung ekonomi daerah," kata Sumadi dalam kegiatan tersebut.

Ia menambahkan Kota Jogja masuk dalam lima besar sebagai pengembang kreativitas dan inovasi terbaik. Meski kotanya kecil, Jogja punya kreativitas tinggi dan memiliki produk kerajinan yang bisa menyuplai berbagai daerah. Sumadi mencontohkan ketika pandemi, daerah yang mengandalkan pariwisata rata-rata kolaps, namun Jogja masih bisa bertahan ekonominya.

"UMKM kami punya kreativitas dan inovasi tinggi, ada potensi mengembangkan budaya dan pariwisata. Per 1 September 2022 pergerakan wisatawan di angka 5,1 juta. Saya optimistis sampai Desember bisa sampai 6,5 juta. Dekranasda harus bisa menangkap potensi, mendorong hasil kerajinan yang berkualitas untuk disuguhkan ke wisatawan," katanya.

Periode kepengurusan Dekranasda 2017-2022 berakhir 7 Oktober 2022 sehingga jangan sampai pembinaan industri kecil menengah terhenti. Oleh karena itu pada 13 November 2022 dilantik Sunni Fatmah sebagai Ketua Dekranasda Kota Jogja periode 2022-2027, dan dilakukan pengukuhan pengurus oleh Wakil Ketua Dekranasda DIY KGBRAy Paku Alam X.

BACA JUGA : Rayakan Hari Batik, KiriminAja dan Dekranasda Sleman

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto menambahkan dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta pelaku industri tujuannya mewadahi mengembangkan pelaku industri agar lebih maksimal perkembangannya. Dekrasda Kota Jogja mempunyai tugas berat dalam menggali melestarikan dan membina perkembangan berbagai potensi UMKM di Jogja.

"Dalam penyelenggaraan musda tujuannya untuk pertanggungjawaban kepengurusan periode sebelumnya. Kemudian diteruskan dengan pengukuhan Dekranasda 2022-2027 dan penyusunan program kerja lima tahun, terutama pemberdayaan UKM di Jogja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Nusantara Bentuk BUMN

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement