Advertisement

STB di DIY Kian Mahal, Stasiun TV Bagikan Gratis untuk Warga

Sunartono
Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
STB di DIY Kian Mahal, Stasiun TV Bagikan Gratis untuk Warga Set top box (STB) perangkat untuk menangkap siaran digital yang disambungkan dengan televisi. - Harian Jogja/Sunatono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah secara resmi telah menghapus siaran analog menuju digital. Bukan tanpa kendala, tidak sedikit masyarakat yang kesulitan melakukan migrasi dari analog ke digital karena keterbatasan perangkat. Bahkan beberapa waktu lalu di wilayah DIY sempat terjadi kelangkaan set top box (STB) yang merupakan perangkat untuk migrasi.

Sepekan sejak penghapusan siaran analog di DIY ketersediaan STB belum sepenuhnya normal. Stok STB di sebagian besar toko lebih cepat habis. Selain itu kisaran harganya di wilayah DIY masih mahal. Jika saat normal berada di bawah Rp150.000, akan tetapi saat rata-rata di atas Rp250.000.

Advertisement

BACA JUGA : STB di DIY Langka, Begini Respons Sultan HB X

Meski demikian beberapa masyarakat masih belum dapat menikmati siaran televisi karena kesulitan sinyal dan tidak bisa melakukan setting TV digital. Oleh karena stasiun ANTV melakukan terobosan dengan terjun langsung ke masyarakat dengan terutama lima kota, salah satunya wilayah DIY yang siaran analog sudah dihapus.

“Karena ada yang kesulitan melakukan setting kami bantu lewat teknisi, kemudian membagikan STB gratis untuk warga,” kata Riyandri Tjahjadi Corporate Communication ANTV dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Pembagian itu dengan menyasar warga yang membutuhkan namun belum tersasar oleh program pemerintah. Selain itu membantu warga yang belum bisa melakukan setting STB, karena memang di lapangan ditemukan ada warga yang belum berhasil.

“Bagi warga yang belum beralih ke siaran digital, kami memberikan bonus berupa STB agar dapat selalu menyaksikan program-program kami. Beberapa daerah yang telah kami kunjungi antara lain wilayah Bantul ada di Banguntapan, Sewon dan Kasihan, kemudian Sleman ada di Depok, Gamping, Ngaglik dan Mlati,” ujarnya.

BACA JUGA : Ribuan STB di Bantul Tidak Tersalurkan ke Warga, Kok Bisa?

Untuk mengakses siaran digital khususnya di wilayah DIY, masyarakat disarankan menggunakan STB bersertifikat dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Caranya dengan menyiapkan STB dan antena kemudian memastikan TV dalam mode AV dan dpindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB. 

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB. Setelah itu menyalakan STB, jika sudah muncul menu lalu mengatur LCN dalam keadaan hidup/on agar langsung memperoleh channel digital. Memasukkan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal, klik pencarian otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement