Advertisement

Diterjang Tanah Longsor, Akses Jalan ke Pantai Siung Terputus

Triyo Handoko
Selasa, 13 Desember 2022 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Diterjang Tanah Longsor, Akses Jalan ke Pantai Siung Terputus SAR Linmas dan waga sekitar lokasi longsor di jalan menuju Pantai Siung membereskan longsor yang menutup jalan, Selasa (13/12/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul pada Selasa (13/12/2022) pagi, menyebabkan tanah longsor di dua tempat berbeda. 

Lokasi longsor pertama terjadi di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus yang menyebabkan jalan menuju Pantai Siung terputus, lokasi kedua di Kalurahan Girijati, Kapanewon Purwosari yang menyebabkan pohon tumbang dan rumah di sekitar lokasi lebih rentan longsor lagi.

Advertisement

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyebut dua lokasi longsor tersebut sudah tertangani. Jalan menuju Pantai Siung yang sempat tidak bisa dilewati sudah kembali normal dan pepohonan tumbang yang menghalangi jalan di Purwosari juga sudah dibereskan.

BACA JUGA: Lansia dan Difabel Telantar di Gunungkidul Dibantu Makanan Siap Saji

Kepala BPBD Gunungkidul Purwanto menjelaskan pihaknya langsung bergegas menuju lokasi kejadian pada Selasa pagi setelah mendapat laporan masuk. “Untuk di Tepus yang ke arah Pantai Siung sudah ditangani SAR Linmas, sedangkan di Purwosari kami kirim tim reaksi cepat untuk membantu warga,” jelasnya, Selasa siang.

Kerugian dari dua longsor tersebut, jelas Purwanto, belum ditaksir BPBD Gunungkidul. “Masih dianalisa detail laporannya belum masuk, tetapi sepertinya tidak merusak jalan yang tertimpa longsoran,” ujarnya.

Dua jalan yang tertimbun longsor, lanjut Purwanto, sudah bisa digunakan lagi. “Pantuan di lapangan jalan di dua tempat itu sudah bisa dilewati lagi dan arusnya normal. Karena sejak subuh tim sudah membereskannya jadi tidak sempat mengganggu lalu lintas,” katanya.

Koordinator SAR Linmas operasi I Sunu Handoko Bayu yang turut menangani longsor di jalan Pantai Siung menjelaskan longsor terjadi pada pukul 05.00 WIB.

“Hujan semalam dari Senin malam sampai Selasa pagi itu yang membuat longsor terjadi karena cukup deras, kondisi tanah yang longsor juga teridentifikasi tanah tidak stabil,” jelasnya, Selasa siang.

Sunu menyebut jalan Pantai Siung sempat sempat tidak bisa dilewati karena longsoran dan pohon yang tumbang cukup tinggi masuk bahu jalan. “Kami bekerja sama dengan warga sekitar, Pokdarwis Pantai Siung, dan tim lainnya langsung membersihkan longsoran agar tidak menutup akses jalan,” katanya.

Bagi wisatawan, jelas Sunu, diminta berhati-hati. “Kalau mau berwisata dan melewati daerah yang naik turun apalagi kalau hujan juga mohon hati-hati,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement