Advertisement

Kesehatan Sanitasi Lingkungan di Panti Asuhan Aisyiyah Prambanan

Media Digital
Rabu, 14 Desember 2022 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Kesehatan Sanitasi Lingkungan di Panti Asuhan Aisyiyah Prambanan Kegiatan tim pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan di Panti Asuhan Aisyiyah AnNur Prambanan - Ist

Advertisement

Sanitasi adalah cara menyehatkan lingkungan hidup manusia terutama lingkungan fisik, yaitu tanah, air, dan udara. Sanitasi adalah sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan – bahan kotor dan berbahaya yang mana perilaku ini menjadi usaha yang diharapkan bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia. (Rocket, 2017).

Sanitasi sangat penting untuk kesehatan manusia, sehingga menjamin dan mewujudkan kondisi yang sudah memenuhi syarat kesehatan. Apabila sanitasi tidak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Hal inilah memunculkan ide dari Pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan untuk mengajak mitra Panti Asuhan aisyiyah AnNur Prambanan dalam menegakkan sanitasi lingkungan. Tim Pengabdian Masyarakat UAD ini terdiri dari Dian Prasasti, M.Sc dan Prof. Dr. apt. Any Guntarti, M.Si dari prodi S1 Farmasi, dr. RR. Wiwara Awisarita, MMR dari Fakultas Kedokteran, serta mahasiswa dari prodi S1 Farmasi angkatan 2019 yaitu Nadia Khoerunnisa, Dinda Aisyah Nabila dan Widya Kusuma Purbaya. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Juni –Desember 2022. Panti Asuhan Aisyiyah lokasi nya berada di Sumberharjo, Prambanan.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari Sosialisasi Program, Pengujian Kualitas Air, Pemaparan hasil pengujian kualitas air, diskusi dan pembuatan alat penjernih air yang sederhana dan dapat dibuat sendiri.

Selain itu kegiatan yang dilakukan juga pembentukan pos kesehatan di panti asuhan, penerapan PHBS, serta dilatih pula deteksi dini penyakit kulit dan pengobatannya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement