Advertisement

Minggu Besok, 5.000 Penari Ramaikan Jogja Menari yang Digelar di Candi Prambanan

Media Digital
Jum'at, 16 Desember 2022 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Minggu Besok, 5.000 Penari Ramaikan Jogja Menari yang Digelar di Candi Prambanan Sejumlah pelajar SMAN 1 Jogja sedang mempersiapkan Tarian Nusantara Harmoni pada Jogja Menari II yang akan digelar di Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022) besok. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Sekitar 5.000 penari akan meramaikan Jogja Menari II yang digelar di Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022).

Event yang digagas oleh Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) ini akan menampilkan Tarian Nusantara Harmoni yang merupakan perpaduan unsur gerakan tari dan iringan dari berbagai daerah di Indonesia.

Advertisement

Ketua Umum Panitia Lustrum M. Romahurmuziy mengatakan Jogja Menari II digelar kembali tahun ini menyusul kesuksesan Jogja Menari I yang digelar di Alun-Alun Utara Jogja pada 23 Desember 2018 silam. Tahun ini, lanjutnya, Jogja Menari II digelar kembali sebagai puncak rangkaian acara Lustrum XIII SMA Negeri 1 Jogja di lapangan Shiwa dan Brahma, Candi Prambanan.

"Tahun ini Jogja Menari II sebagai event dari Teladan untuk Teladan, dari Teladan untuk Jogja, dan dari Teladan untuk Indonesia akan menjadi persembahan karya alumni SMA 1 Jogja dalam upaya melestarikan budaya, merawat kebhinekaan, dan mendukung pariwisata," kata pria yang akrab disapa Rommy ini, Jumat (16/12/2022).

Rencananya, lanjut Rommy, event tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X. Wali kota dan bupati serta seluruh kepala dinas pariwisata di DIY serta maestro tari Indonesia, Didik Nini Thowok, Uni Yutta, dan Kinanti Sekar Rahina, para artis, pekerja seni dan budaya, komedian, serta public figure akan turut meramaikan pagelaran Jogja Menari II ini. 

“Jogja Menari II terbuka bagi keterlibatan masyarakat umum, sanggar tari, komunitas, sekolah, madrasah, dan juga para wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja. Para peserta sebelumnya dapat mempelajari Tarian Nusantara Harmoni melalui YouTube Jogja Menari," katanya.

Tarian Nusantara Harmoni merupakan karya tari baru yang akan ditarikan para peserta secara bersama yang memadukan unsur gerakan dan iringan dari Jogja, Aceh, Betawi, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, hingga Papua. Dalam Jogja Menari II nanti diadakan kompetisi dengan total hadiah Rp100 juta untuk kategori grup terbaik, kostum terbaik, dan penari terbaik.

"Tarian ini membawa makna semangat kebangkitan bersama Indonesia setelah melewati masa pandemi menuju Indonesia baru," ujar Rommy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement