Advertisement

Calendar of Events 2023 DIY Dilaunching untuk Beri Petunjuk Wisatawan

Media Digital
Minggu, 18 Desember 2022 - 16:37 WIB
Jumali
Calendar of Events 2023 DIY Dilaunching untuk Beri Petunjuk Wisatawan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X bersama sejumlah stakeholder melaunching Calendar of Event 2023 di Malioboro, Sabtu (17/12/2022) malam. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Dinas Pariwisata DIY melaunching jadwal yang berisi ratusan event selama 2023 mendatang dalam Jogja Upcoming Festival 2022 dan Launching Calendar of Events di Gerbang Barat, Kompleks Kepatihan, Kawasan Malioboro, Jogja, Sabtu (18/12/2022) malam. Kalender ini akan menjadi petunjuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke DIY.

Jogja Upcoming Festival 2022 dan Launching Calendar of Events dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X, GKR Bendara, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dan Ketua GIPI DIY. Launching secara simbolis dilakukan secara bersama. Pergelaran ini juga diisi dengan berbagai hiburan di tengah Jalan Malioboro yang menarik perhatian para wisatawan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap pariwisata seperti perhotelan, kuliner, destinasi wisata bahkan konsumsi rumah tangga. Oleh karena itu saat ini perlu dilakukan akselerasi pariwisata dengan mengembangan ekosistem digital pada pariwisata dalam menjawab setelah pandemi.

“Harapannya Jogja Upcoming Festival 2022 dan Launching Calendar of Events dapat menciptakan iklim kolaboratif untuk menguatkan Jogja dalam kancah acara skala internasional dan memperkuat DIY sebagai tuan rumah Asean Tourism Forum 2023,” ucap Sri Paduka Paku Alam X Sabtu (17/12/2022).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan event tersebut terselenggara atas kerja sama lintas OPD serta pegiat festival dan komunitas kepariwisataan. Kolaborasi dari berbagai pihak terus dilakukan untuk mengembangkan pariwisata DIY yang saat ini tercatat berada di urutan pertama nasional jumlah pergerakan wisatawan dengan indeks 6,2. Tingkat hunian hotel pada triwulan III 2022 berada di angka 61,23% yang berada di atas rata-rata nasional. Sedangkan length of stay berada di angka 1,9 dan wisatawan mancanegara berada di angka 1.933 orang dan wisatawan domestik sebanyak 5,1 juta.

“Capaian pengembangan destinasi dari penyusunan dokumen feasibility studi, masterplan dan mendampingi 11 desa mandiri budaya dan 340 atraksi wisata budaya yang digelar sepanjang 2022,” katanya.

Capaian pengembangan industri pariwisata telah dilakukan melalui bimtek, workshop, sosialisasi dan pengawasan industri pariwisata serta kemitraan hotel dan sertifikasi usaha restoran dan rumah makan. Sedangkan untuk pengembangan kapasitas SDM sudah 1.370 orang dilatih dan delapan desa wisata naik kelas menjadi desa wisata maju mandiri.

“Kami mendapatkan sejumlah penghargaan di 2022 di antaranya Pariwisata kreatif dan Merdeka Award 2022. Juara Wakil II Pemilihan Duta Wisata Indonesia Tingkat Nasional Ke-16 Tahun 2022, Juara II Kategori Souvenir Desa Wisata Tepus ADWI, Juara II Kategori Desa wisata Berkembang ADWI dan predikat Desa Wisata Berkelanjutan tingkat nasional Desa Wisata Wukirsari,” ujarnya.

Adapun launching calender of event ini untuk mengkomunikasikan berbagai event di DIY serta menjadi rujukan bagi calon wisatawan yang akan hadir ke Jogja pada 2023. Adapun event yang akan digelar sebanyak 182 event dengan 19 event unggulan dan terbagi menjadi sejumlah kategori terdiri atas festival 61 event, seni budaya 50 event, MICE 18 event, sport tourism 17 event, turnamen 14 event, musik 17 event dan karnaval ada lima event.

Pranata Humas Dinas Pariwisata DIY Benny Saptianto menambahkan sebenarnya jika ditotal setiap tahun ada sekitar 400 event di DIY, namun yang secara rutin ada sebanyak 180-an. Launching digelar di Malioboro agar wisatawan mengetahui karena rata-rata yang berkunjung dari berbagai daerah, sehingga mereka diharapkan mendapatkan informasi.

“Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan SK Gubernur DIY tentang Penetapan Kelembagaan Pokdawis sekaligus penandatangan MoU Kemitraan STIE Pariwisata API Yogyakarta, serta penyerahan hadiah kejuaraan videografi dan fotografi Jogja Creative Fest 2022,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Tertunda karena Pandemi, Pembangunan Masjid Agung Jateng di Magelang Akhirnya Dimulai

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement